blank
Ade R. Wicahyani

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Setelah sukses mengadakan Vocal Group Competition Tingkat Nasional pada akhir 2022, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa Sapta Gita Jaya Universitas Semarang (PSM Sapta Gita Jaya USM) akan mengadakan serangkaian kegiatan pada tahun ini.

Ketua UKM PSM Sapta Gita Jaya USM, Ade R. Wicahyani mengungkapkan, rencana program kerja yang dilaksanakan pada tahun ini salah satunya melakukan studi banding di salah satu perguruan tinggi di Solo.

”Dalam waktu dekat ini, kita akan melakukan studi banding ke salah satu universitas di Solo yang rencananya pada Maret 2023, tapi belum ada konfirmasi lebih lanjut. Semoga bisa jadi terlaksana. Ada alasan juga kami memilih studi banding di Solo, karena ketidaksengajaan melihat penampilan paduan suara dari kampus itu. Kami menilai kalau penampilannya memang bagus dan kami ingin belajar dari mereka,” ungkap Ade.

Menurutnya, tujuan studi banding untuk menambah pengetahuan sekaligus belajar mengenai cara kelompok paduan suara yang bagus.

Dia berharap, ilmu yang telah diberikan dapat diserap sehingga meningkatkan kualitas paduan suara USM.

Tak hanya itu, kata mahasiswa hukum USM, pada tahun ini akan mengikuti lomba Satya Dharma Gita Festival (SDGF) Universitas Diponegoro (Undip) pada September mendatang dengan mengikuti dua kategori perlombaan folklore dan mix choir.

”Selain melakukan studi banding di Solo, kami ada rencana untuk ikut lomba juga SDGF di Undip pada September. Kami akan ikut dua kategori yaitu foklore sama mix choir,” katanya.
Ade menjelaskan, ada dua agenda yang akan dilaksanakan yakni Lomba Paduan Suara (LPS) yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali, dan mengadakan LPS tingkat internasional pada 2024 mendatang.

Dia menambahkan, New Comers Concert yang merupakan program kerja yang mengadakan konser bagi anggota PSM yang akan mengundang anggota keluarga sebagai tamu dalam konser tersebut. Proker lain adalah Sapta Gita Jaya Mengabdi (SGJM) yang bertajuk bakti sosial ke Panti Jompo dan Panti Asuhan.

Muhaimin