blank

(SUARABARU.ID)- Kartu perpustakaan merupakan kartu yang menandakan pengguna atau pemustaka sebagai anggota suatu perpustakaan. Fungsi kartu perpustakaan adalah untuk memudahkan pustakawan dalam mencatat dan mengawasi kegiatan peminjaman bahan pustaka.

Perpustakaan Desa Kaligangsa Kulon belum memiliki kartu perpustakaan. Hal tersebut akan berdampak pada kegiatan peminjaman bahan pustaka di perpustakaan. Pustakawan akan kesulitan dalam mengawasi pengguna yang meminjam ataupun mengembalikan bahan pustaka, Selasa (07/02/2023).

Kemungkinan yang paling buruk adalah banyak koleksi bahan pustaka yang hilang karena luput dari pengawasan pustakawan. Melihat permasalahan tersebut, Tim 1 KKN Undip berinisiatif untuk membuatkan desain kartu perpustakaan yang dapat digunakan oleh perpustakaan Desa Kaligangsa Kulon.

Baca Juga: Tingkatkan Minat Belajar Anak, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Kegiatan Yang Menyenangkan

Desain kartu perpustakaan dibuat sederhana namun tetap elegan dengan memakai warna dasar abu-abu dan corak biru sebagai warna khas dari kabupaten Brebes.

Mahasiswa KKN Tim 1 Undip tidak hanya membuatkan desain kartu perpustakaan namun juga memberikan sampel produk atau prototype yang dapat menjadi gambaran bagi pihak perpustakaan tentang bagaimana bentuk nyata dari kartu perpustakaan. Sampel produk kartu perpustakaan dicetak dengan kertas buffalo dan kemudian dilaminating untuk menambah ketahanan dan keawetan produk.

Pemaparan dan penyerahan desain kartu perpustakaan dilaksanakan pada Selasa (07/02/23) di Ruang Kepala Desa. Pemaparan dan penyerahan ini dihadiri oleh Ibu Yeni selaku ketua perpustakaan dan perwakilan pihak desa.

Baca Juga: Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pemetaan Kondisi Topografi dan Kemiringan Lereng

Hasil desain kartu perpustakaan yang dibuat oleh Tim 1 KKN Undip diberi apresiasi yang positif oleh pihak perpustakaan desa. Menurut pihak perpustakaan desa, desain kartu perpustakaan yang dibuat oleh mahasiswa KKN Tim 1 Undip memiliki tampilan yang simple dan menarik.

Kemudian harapan dari mahasiswa KKN Tim 1 Undip dan pihak perpustakaan desa adalah desain kartu perpustakaan tersebut dapat terealisasikan secara nyata menjadi kartu perpustakaan desa Kaligangsa Kulon dan dapat segera disosialisasikan kepada warga khususnya pengguna perpustakaan.

Penulis: Alvin Mighfar Bahri (Fakultas Ilmu Budaya – Ilmu Perpustakaan)
Dosen Pembimbing : Retna Hanani, S.Sos., MPP.
Hafidh Khoerul Fata, S.Si., M.Si.
DR. Kardison Lumban Batu., SE., MSc
Lokasi KKN : Desa Kaligangsa Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah