blank
Suasana di GOR Bahurekso Kendal sesaat setelah acara di buka Sekda.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Kendal, Sugiono, membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) SD/ Mi, SMP/ MTs dan SMA/ SMK/ MA tingkat Kabupaten Kendal Tahun 2023, di GOR Bahurekso Kendal, Senin (13/02/2023).

Hadir pada pembukaan POPDA ini, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata(Dinporapar) Kabupaten Kendal, Ircham Chalid, Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi, dan Ketua Koni Kendal, Subur Isnadi.

Dalam sabutannya, Sekda Kendal, Sugiono, menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan POPDA tahun ini.

Menurut Sekda, penyelenggaraan POPDA Tahun 2023 sebagai ajang evaluasi hasil pembinaan prestasi olahraga pelajar di tingkat daerah dan untuk menghasilkan calon-calon atlet nasional yang dapat berprestasi mengharumkan daerah di event nasional dan nama bangsa di event olahraga tingkat Asia Tenggara, Asia dan Dunia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar daerah, dan sebagai ajang seleksi pembentukan tim pelajar yang akan dipersiapkan pada event olahraga pelajar tingkat Jawa Tengah, serta mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik di kalangan pelajar yang di masa depan akan menjadi atlet andalan Jawa Tengah,” kata Sekda Kendal.

Sekda mengatakan, selain itu, POPDA ini merupakan momentum peningkatan gairah dan motivasi pelajar untuk berlatih dan berprestasi di ajang olahraga, memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sekda berharap, dengan adanya POPDA Tahun 2023 ini mampu melahirkan atlet – atlet muda yang potensial untuk pembangunan keolahragaan daerah di masa-masa yang akan datang.

“Dengan pelaksanaan POPDA Tahun 2023 ini, semoga bisa menjadikan motivasi bagi para generasi penerus yang akan mengharumkan daerah, melalui prestasi di bidang olahraga,” ujar Sekda Kendal.

Kepala Disporapar Kendal, Ircham Chalid menyampaikan, kegiatan POPDA Kendal Tahun 2023 dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai 25 Februari 2023, dengan jumlah peserta 5.790 orang, yang terdiri dari 5.000 atlet/ pelajar, 300 pendamping/ guru, dan 390 panitia pelaksana.

Adapun cabang olahraga(cabor) yang dipertandingkan pada masing-masing Jenjang Pendidikan, yaitu tingkat SD/MI adalah Sepak Takraw Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Panahan, Karate dan Taekwondo.

Untuk tingkat SMP/ MTs adalah Sepak Takraw, Bola Voli Indoor, Bola Voli Pasir, Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Panahan, Pencak Silat, Karate dan Taekwondo.

Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK/MA, yaitu Sepak Takraw, Bola Voli Indoor, Bola Voli Pasir, Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Panahan, Pencak Silat, Karate dan Taekwondo.

Ircham juga mengatakan, prestasi kontingen Kabupaten Kendal yang telah diraih pada POPDA Jateng Tahun 2022, adalah Peringkat 11 se- Jawa Tengah dengan perolehan medali 8 Emas, 5 Perak, dan 17 Perunggu.

“Pembinaan olahraga di tingkat pelajar mempunyai peran penting dan strategis sebagai upaya untuk menjaring calon-calon atlet berbakat yang memiliki potensi dikembangkan menjadi atlet yang berprestasi di tingkat provinsi, tingkat nasional bahkan tingkat internasional,” kata Ircham. Sapawi