blank
Kapolres Kebumen menyerahkan kambing kepada purnawirawan Polri pada Wisuda Purna Senin 13/2.(Foto:SB/Humas Polres Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 15 purnawirawan Polri dan PNS Polri mengikuti tradisi Upacara Wisuda Purna Bakti di halaman Mapolres Kebumen, Senin (13/2).

Mereka terdiri atas 1 perwira menengah, 8 perwira pertama, 4 brigadir, dan 2 orang PNS.

Uniknya, para purnawirawan Polri dan PNS Polri itu memperoleh hadiah masing-masing seekor kambing. Apa maksudnya? Ternyata Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin memberi pesan agar kambing tersebut terus dibudidayakan. Dengan beternak kambing, diharapkan mereka tetap aktif dan memiliki kesibukan yang positif.

Kapolres AKBP Burhanuddin memimpin upacara mengungkapkan, purnawirawan yang diwisuda telah memasuki masa pensiun terhitung dari bulan Agustus 2022-Februari 2023.

“Wisuda purna bakti merupakan wujud apresiasi dari kesatuan dan rasa kecintaan segenap personel, bagi anggota Polri yang memasuki masa pensiun,”jelas AKBP Burhanuddin.

blank
Pelepasan 15 Purnawirawan Polres Kebumen dengan tradisi pedang pora, Senin 13/2.(Foto:SB/Humas Polres Kebumen)

Kapolres pada kesempatan itu membekali para wisudawan hewan ternak kambing dengan harapan untuk dibudidaya mengisi kesibukan. Kambing itu diberikan di sela rangkaian upacara wisuda, yang dihadiri oleh PJU Polres, perwakilan personel, hingga Bhayangkari.

Menurut AKBP Burhanuddin, wisuda purna bakti atau masa pensiun bukan berarti akhir dari pengabdian seorang Bhayangkara bagi bangsa dan negara. Dengan memasuki masa pensiun, para purnawirawan diminta tetap aktif menjalin silaturahmi, walaupun tugas dan pengabdiannya berbeda status.

Di penghujung upacara, para wisudawan didampingi istri memasuki gerbang pora dilanjutkan berpamitan dengan seluruh personel Polres Kebumen. Para wisudawan selanjutnya menaiki delman meninggalkan Mapolres Kebumen Jalan Tentara Pelajar sebagai prosesi kembali kepada masyarakat.

Kompol Purnawirawan Abu Khoiri, mantan Kasikum Polres Kebumen mengatakan, dirinya memasuki purna terhitung 1 Agustus 2022. Untuk mengisi waktu pensiun, bapak 3 anak dan 3 cucu itu banyak berkumpul bersama keluarga.

Sesekali ia juga beternak kambing, unggas, hingga budi daya singkong dan jambu. Di usia senjanya, Kompol Purnawirawan Abu Khoiri selalu menyempatkan waktua untuk olah raga joging ataupun sepeda pagi. Ini dilakukan untuk menjaga kebugaran serta kesehatan saat memasuki masa pensiun.

Kepada para personel yang masih aktif, Kompol Purnawirawan Abu Khoiri berpesan agar selalu mengedepankan rasa tulus dan ikhlas saat bertugas. Menurutnya, ketika bertugas dilandasi rasa ikhlas, semua akan terasa ringan.

“Saat kita bertugas dengan tulus dan ikhlas, kita berbaik kepada masyarakat, Insya Allah kita akan menemukan kebaikan juga saat bertugas. Jika kita amati, tugas Polri ke depan akan lebih berat ketimbang masa saya saat bertugas. Pokoknya harus selalu semangat saat bertugas,”ujar Abu Khoiri.

Komper Wardopo