blank

BREBES (SUARABARU.ID) : Pelaksanaan KKN Tim 1 Universitas Diponegoro diawali pada tanggal 3 Januari 2023, yaitu upacara penerujunan mahasiswa untuk melaksanakan KKN di desa target yang sudah ditentukan. Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk nyata pengabdia mahasiswa kepada masyarakat umum untuk bersama membangun daerah baik dari segi sumber daya manusia maupun sumber daya yang ada dalam desa. Pada Kegiatan Kuliah Kerja Nyata mahasiswa dituntut untuk aktif bersosialisasi, namun yang paling penting dari itu adalah membagikan ilmu yang telah dipelajari pada saat menjalankan studi dalam universitas, karena universitas mengharapkan kepada mahasiswa untuk memberikan apa yang sudah dibekali kepada masyarakat pada saat melaksanakan KKN.

blank
Mahasiswa mengindikasi perancangan untuk Program Kerja KKN selain dipengaruhi oleh potensi dan masalah dalam desa juga dipengaruhi oleh demand atau keinginan masyarakat dalam desa. Sebelum mahasiswa merancang program kerja keilmuan yang berjudul Pengenalan dan Pengoperasian Perangkat dan Software dalam Komputer kepada siswa/siswi SDN 04 Banjaranyar, mahasiswa melaksanakan konsultasi terlebih dahulu dengan Perangkat Desa Banjaranyar dan diberikan target sesuai dengan judul program keilmuan yaitu siswa/siswi SDN 04 Banjaranyar. Perangkat Desa mengarahkan kepada SDN tersebut dikarenakan tidak adanya mata pelajaran Komputer sedangkan siswa dan siswi kelas 4 dan 5 memerlukan pembelajaran mengenai komputer untuk persiapan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer).

Pelaksanaan Program Kerja keilmuan dilakukan selama 2 hari oleh mahasiswa, Kamis 19 Januari dan Jum’at 20 Januari 2023. Pelaksanaan pada hari pertama yaitu pengenalan komputer beserta perangkatnya dengan menggunakan power point sesuai denga napa yang dipersiapkan oleh mahasiswa. Pelaksanaan pada hari kedua adalah pelatihan software Microsoft word sesuai dengan permintaan Guru dari SDN 04 Banjaranyar. Pelaksanaan program Kerja keilmuan ini dilaksanakan pada 2 tingkat kelas yang berbeda juga sesuai dengan permintaan Guru dari SDN 04 Banjaranyar.

Pelatihan software Microsoft Word yang diberikan oleh mahasiswa yaitu, mengajarkan cara membuat table, cara memasukan gambar, membuat jadwal, dan mengganti warna dan tipe fonts. Sebelum pelatihan mahasiswa juga menanyakan kepada siswa dan siswi pengalaman siswa dan siswi dalam mengaplikasikan software ini,dari 55 siswa dan siswi hanya ada 12 orang yang pernah memiliki pengalaman menggunakan Microsoft Word. Saya menyarankan untuk mahasiswa yang telah membaca artikel ini untuk tetap mengadakan dan meneruskan Program Kerja yang sama apabila nanti melaksanakan KKN baik di Desa banjaranyar maupun di desa lainnya.