blank
Seorang terapis sedang melayani pasien yang datang dalam acara Terapi Gratis Candi Joglo. Foto: Tya Wiedya

Mayoritas para warga yang datang dalam kegiatan ini banyak mendapatkan pengobatan bekam.

Pengobatan bekam ini dipergunakan untuk mengeluarkan darah kotor dari pasien yang memiliki keluhan yang berbeda beda, seperti tekanan darah tinggi dan sebagainya.

Selain itu, ada juga pijat refleksi yang berguna untuk memulihkan kondisi kesehatan pasien yang kelelahan akibat aktivitas sehari-hari.

Menurut Siswanto, panitia Terapi Gratis Candi Joglo, kegiatan ini sudah dilakukan dua kali yakni pada tahun 2022 dan 2023.

Kegiatan tersebut merupakan wujud keprihatinan panitia terhadap pasien yang tidak berdaya untuk membeli obat atau berobat ke dokter.

Bakti Sosial

Dikatakan, diagnosis pasien ini sesuai dengan latar belakang medis sebelumnya. Misal dia ini pernah sakit kolesterol, maka ada pengobatan khususnya.

Sementara itu, Muhadi sebagai pengelola Candi Joglo mengungkapkan, pihaknya memfasilitasi para terapis untuk menyelenggarakan bakti sosial berupa Terapi Gratis Candi Joglo.

Sebagai bagian dari penyelenggara kegiatan ini, Muhadi menjelaskan masyarakat terbantu dengan pengobatan gratis ini.

“Masyarakat terbantu dengan kegiatan ini. Semoga ke depan kegiatan ini bisa berjalan rutin untuk membantu masyarakat yang membutuhkan penyembuhan dari penyakit yang mereka derita,” ungkap Muhadi.

Tya Wiedya