blank
Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si, menyerahkan sertifikat pendidik kepada penerima pada acara Pengambilan Sumpah Profesi Guru yang digelar Program Studi Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta , Sabtu (11/2). Foto: Dok/Humas UMS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 1.578 mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengikuti Sumpah Profesi Guru.

Acara dihadiri Rektor UNS Prof Dr Sofyan Anif Msi, Dekan FKIP UMS Prof., Dr., Sutama , M.Pd, Kepala Prodi PPG FKIP UMS Dra., Siti Zuhriah Ariatmi, M.Pd, berlangsung  secara hibrid di Gedung Edutorium K.H. Ahmad Dahlan UMS, Sabtu (11/2)

Dekan FKIP UMS Prof., Dr., Sutama , M.Pd, dalam sambutannya mengatakan agar mahasiswa PPG agar bisa menjadi guru yang profesional.”Harus selalu bertransformasi, selalu bergerak menjadi guru profesional untuk memajukan pendidikan Indonesia. Hasil jerih payah selama mengikuti PPG harus selalu terus menerus dilanjutkan dengan berkarya dan berkolaborasi,” pesan Prof Sutama.

Masih dalam kesempatan sama Kepala Prodi PPG FKIP UMS Dra., Siti Zuhriah Ariatmi, M.Pd, berharap alumni PPG bisa mengabdikan diri dan melanjutkan pendidikannya. Sehingga peserta didik bisa mendapatkan pendidikan yang optimal dari para guru alumni PPG UMS.

“Sesudah para guru ini lulus pendidikan profesi, mereka benar-benar mengabdikan diri untuk pendidikan, nusa dan bangsa Indonesia, serta untuk kemanusiaan. Mereka harus bekerja secara profesional bisa mengambil keputuaan yang bijak dalam hal pendidikan,” harap Siti Zuhriah.

Pada acara diwarnai pemberian penghargaan alumni berprestasi kepadaTemu Ismail, S.Pd. M.Si yang menjabat sebagai Direktur Pendidikan Profesi Guru, Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si, menyebutkan, definisi guru profesional itu sangat sederhana. Yaitu guru yang dirindukan siswanya.

Hal yang dirindukan peserta didik dapat berupa cara mengajarnya, kepintarannya, atau materi yang disampaikan, dan kehadirannya.