Suasana tasyakuran HPN dan HUT PWI ke-77 di ruang Pers Room.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Tasyakuran Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke- 77 Kabupaten Kendal yang digelar di Ruang Pers Room berlangsung sangat sederhana, Jumat(09/02/2023).

Tasyakuran ini, dihadiri Plt. Asisten Umum, Agus Dwi Lestari, yang Mewakili Bupati, Kepala Diskominfo Kabupaten Kendal, Wiwit Andariyono beserta jajaran dan puluhan anggota PWI Kendal.

Ketua PWI Kendal, Agus Umar mengatakan, acara Tasyakuran HPN tahun 2023 ini, dilakukan cukup sederhana karena hanya melakukan potong tumpeng dan makan bersama.

“Pelaksanaan HPN tahun 2023 ini, memang sederhana karena tahun lalu PWI Kabupaten Kendal sudah melakukan sesuatu hal yang cukup baik, karena menjadi tuan rumah pelaksanaan HPN tingkat Jawa Tengah,”kata Ketua PWI Kendal, Agus Umar.

Meski cukup sederhana, lanjut Umar, namun tidak mengurangi semangat bagi sesosok insan pers untuk tetap berkarya yang lebih baik dari tahun sebelumnya dan tetap bersinergi dengan Pemkab Kendal dengan selalu memberitakan, juga tidak lupa mengkritik, untuk membangun Kabupaten Kendal lebih maju dan berkembang.

“Usai potong tumpeng ini, kami akan anjangsana memberikan tali asih ke rumah teman kita yang sedang sakit. Setelah tanggal 21 Februari, PWI Kendal juga akan menggelar acara Talk Show, Lomba Karaoke dan sepak bola persahabatan antar OPD,”ujar Umar.

Kepala Diskominfo Kabupaten Kendal, Wiwit Andariyono mengucapkan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers di Kendal dan di manapun berada.

“Terima kasih atas kontribusinya kepada Kabupaten Kendal, sebab insan pers selama ini telah berkontribusi dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan, inovasi pembangunan dan menjadi penopang utama demokrasi,” kata Kepala Diskominfo Kabupaten Kendal, Wiwit Andariyono.

Wiwit meminta, teman- teman wartawan yang selama ini melakukan peliputan berita di wilayah Kendal, untuk tetap bisa berkontribusi bagi Kabupaten Kendal yang lebih baik.

Wiwit juga mendoakan kepada teman- teman wartawan yang saat ini sedang sakit untuk segera sembuh agar bisa berkumpul dengan teman- teman lain, melakukan peliputan berita yang tentu bermanfaat bagi masyarakat Kendal.

Plt. Asisten Umum, Agus Dwi Lestari, mengatakan, bahwa HPN tahun 2023 ini menjadikan momentum dan sinergitas pemerintah daerah dengan media atau awak media agar ke depan bisa terjalin lebih baik lagi.

Media bisa menjadi simultan untuk merekatkan anak bangsa, tidak menyinggung perasaan orang lain, mengusulkan ide yang mensejahterakan bangsa dan pemulihan visi yang bebeda.

“Saya yakin, pers kita semakin mantap, semakin mengedukasi dan melakukan pemberitaan yang berimbang dan netral,”kata Agus Dwi Lestari.

Menurut Agus Dwi Lestari, pers Indonesia sekarang ini sudah baik, namun memiliki tantangan yang berat untuk menyebarkan yang benar, fleksibel dan obyektif. Bagus memang perkembangannya, namun tantangannya, dengan adanya media sosial, pers harus tetap bisa obyektif dan benar dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Semoga dengan momentum HPN ini, insan pers di Kendal akan lebih mampu meningaktkan peran dan fungsinga sebagai kontrol tentang jalannya pemerintahan, mendorong pembangunan dan mengawal demokrasi yang lebih baik,”harpanya. Sapawi