blank
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho didampingi Ketua Panitya Dies Natalis ke 47 UNS Dr Sapta Kunta Purnama M.Pd dan Wakil Rektor Riset dan Inovasi  Prof Dr Kuncoro Diharjo tengah menyampaikan keterangan pers terkait penyelenggaraan Dies Natalis Ke -47 Universitas Sebelas Maret Surakarta Foto: Humas UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan menganugerahkan “Anugrahkan Parasamya Anugraha Dharma Bhakti Upa Sarwasadha“ kepada Menpora Prof.Dr. H Zainudin Amali, S.E., M.Si.dalam Dies Natalis ke-47.

Kegiatan Dies Natalis kali ini berlangsung dalam durasi waktu singkat namun padat, yakni akan dimulai pada pertengahan bulan Februari dan diakhiri pada tanggal 21 Maret 2023.

“Dies Natalis ke -47 UNS mengambil tema “Akselerasi Sumber Daya Kreatif dan Inovatif dalam Menghadapi Krisis Global Melalui Kebersamaan Menuju Indonesia Emas` , kata Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH M.Hum dalam Konferensi Pers di Ruang Sidang IV Gedung dr. Prakosa UNS, Selasa (7/2),

Rektor Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum didampingi Ketua Panitya Dies Natalis ke 47 UNS Dr Sapta Kunta Purnama M.Pd berharap melalui berbagai agenda yang dipersiapkan, perguruan tinggi setempat dapat mengambil peran signifikan dalam upaya menyiapkan SDM lulusan yang inovatif dan kreatif dalam menghadapi tantangan global yang rajin menghadirkan perubahan.

Kegiatan utama yang disiapkan meliputi pengabdian pada masyarakat; olah raga dan kesehatan; seni budaya; pameran; temu alumni dan sidang terbuka senat sebagai acara “puncak kegiatan dies natalis ke-47 UNS, yang akan digelar pada hari Sabtu, 11 Maret 2023 .

Pada puncak acara dihadirkan Menteri Pemuda dan Olah Raga R.I. Prof.Dr. H Zainudin Amali, S.E., M.Si., yang akan menyampaikan Orasi Dies sekaligus calon penerima  Penghargaan “Parasamya Anugraha Dharma Bhakti Upa Sarwasadha”. UNS Award yang dianugrahkan merupakan penghargaan tertinggi kepada Menpora atas kepeloporannya dalam pengembangan kemasyarakatan dan kemanusiaan bidang Keaolahragaan Nasional Indonesia.

Selain itu, terdapat peningkatan yang signifikan dalam bidang olahraga, terutama olahraga disabilitas di bawah kepemimpinan Prof. Zainudin Amali. “Beliau juga kerap menjadi dosen penguji eksternal bagi mahasiswa FKOR UNS. Tidak hanya itu, Kemenpora juga kerap menggandeng UNS dalam berbagai kegiatan, termasuk penggunaan tempat di UNS dalam ajang Asean Para Games,” terang Rektor UNS.

Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis ke-47 UNS, Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. menambahkan, beragam kegiatan digelar untuk menyemarakkan Dies Natalis ke-47. Mulai dari kegiatan di bidang ilmiah, seni budaya, pameran, kompetisi non akademik, bidang pengabdian kepada masyarakat, dan bidang olahraga.

Kegiatan-kegiatan ilmiah yang akan diadakan antara lain seminar internasional `Global Economy in 2023: Strive amid the Uncertainty` yang bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan dilaksanakan pada 23 Februari mendatang.

Pada 15 Maret digelar seminar nasional, launching buku dan lomba ilmiah tingkat nasional. Sehari berikutnya digelar workshop `Stretching sebagai Tindakan Pencegah dari Dampak Negatif Aktivitas Daring dan Cedera` serta lomba video kreatif stretching. Lalu Panitia Dies Natalis  juga akan menggelar Festival Ilmiah Mahasiswa (FILM) 2023 pada 16-19 Maret.

Untuk bidang seni budaya digelar pagelaran wayang kulit pada 18 Maret. Pameran produk inovasi UNS 2023 yang digelar pada 13-14 Maret. Kegiatan bidang olahraga diantaranya Art and Sport Appreciation  berupa kompetisi futsal, basket dan monolog competition; senam massal dan jalan sehat sivitas akademika.

Turnamen tenis meja antar-Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS dan Kejuaraan Karate Antar Mahasiswa se-Asia Tenggara Sebelas Maret Cup XII. Kemudian bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS mengadakan IKA UNS Color Run pada 4 Maret mendatang dengan start dan finish di Kampus UNS Kentingan, ungkap Dr.  Sapta Kunta sembari menambahkan masih ada pelbagai kegiatan lain diantaranya pengabdian masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan.

Bagus Adji