blank
Bupati Indrata Nur Bayu Aji (ketiga dari kiri) bersama jajaran Forkompimda dan pimpinan dinas terkait, melakukan peninjauan di sepanjang trotoar sisi utara Alun-alun Kota Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Wajah Alun-alun Kota Pacitan, Jatim, semakin hari kian bertambah cantik. Penataan bagian trotoar alun-alun, kini dipercantik dengan penambahan fasilitas tempat duduk memakai bahan batu alam khas Pacitan.

Dibangun berjejer rapi di sepanjang trotoar, dilengkapi dengan lampu jalan berbentuk klasik di area utara alun-alun. Tempat itu menjadi lokasi favorit untuk nongkrong (duduk santai), dan sekaligus dapat dipakai sebagai background view untuk berswafoto bagi masyarakat.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, Selasa (7/2), mengabarkan, dengan adanya penambahan fasilitas baru tersebut, membuat ruang publik di Alun-alun Kota Pacitan semakin indah dan nyaman. Utamanya pada penambahan fasilitas baru, yakni tempat duduk di sepanjang Jalan Jaksa Agung Suprapto depan Kantor bupati.

Bukan sekedar tempat duduk, fasilitas publik yang dibangun melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Jatim tersebut, terbuat dari batu alam yang indah. Dilengkapi dengan fasilitas cuci tangan dan tempat sampah. Hebatnya, semua terbuat dari bahan batuan khas Pacitan.

Program CSR

”Terima kasih kepada Bank Jatim atas program CSR-nya yang sudah bisa dinikmati masyarakat,” kata Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji). Pernyataan Bupati ini, Selasa (7/2), disampaikan saat berlangsung acara serah terima program CSR  Rehabilitasi Trotoar Alun-alun dari Bank Jatim, kepada Pemkab Pacitan yang digelar di Pendopo Mas Tumenggung Djogokarjo I.

Mas Aji berharap program ini terus berlanjut, tidak hanya sebagian namun sepanjang lingkar alun-alun. Karena selain menjadi bagian dari wajah Kota Pacitan, Alun-alun juga menjadi public space (ruang pubik) yang dapat dimanfaatkan secara multifungsi, yakni sebagai tempat rekreasi masyarakat dan pusat perekonomian rakyat.

Harapannya, keindahan Alun-alun Pacitan juga dapat memberikan dampak positif bagi para pedagang, serta para pelaku ekonomi lain yang menggantungkan rezekinya di pusat kota tersebut.

Direktur Kepatuhan Bank Jatim, Tony Prasetyo, berharap, ke depan pihaknya bisa bersinergi dalam mendukung program kerja dari Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Bambang Pur