blank
Begini cara memperbaiki pola tidur yang baik untuk kesehatan. Foto: Dok/Sehatq.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tidur tidak teratur bisa membuat detak jantung meningkat, tekanan darah naik, dan peradangan dalam tubuh juga naik. Semua kondisi ini menambah beban kerja jantung dan juga menjadi faktor risiko penyebab jantung.

Begitupun jika kamu begadang, tidur di atas jam 10 malam atau hingga larut malam. Kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan sejumlah efek buruk bagi kesehatan, diantaranya obesitas, memicu masalah mental, menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan menyebabkan sulit fokus serta berkonsentrasi.

Oleh karena itu, penting untuk membiasakan diri agar tidak sering tidur hingga larut malam dan memiliki pola tidur yang baik.

Dilansir dari Suara.com (Healthline), waktu tidur malam yang ideal sebaiknya dilakukan di antara pukul 10 dan 11 malam untuk dapat menjaga kesehatan jantung. Tidur malam pada waktu yang ideal lebih baik dibandingkan mengganti kuantitas lama waktu tidur di luar jam tersebut.

Dimulai dari waktu tidur malam yang ideal diantara pukul 10 dan 11 malam, orang dewasa dianjurkan tidur malam selama 7-9 jam setiap hari.

Bagaimana cara untuk memperbaiki pola tidur dan memenuhi anjuran kuantitas tidur malam yang baik bagi kesehatan? Simak yuk..

1. Buat rutinitas tidur. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, termasuk ketika hari libur.

2. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Jangan menggunakan tempat tidur untuk aktivitas lain seperti bekerja, menonton televisi, atau menggunakan ponsel.

3. Luangkan waktu untuk relaksasi sebelum tidur. Baca buku, meditasi, atau berendam air hangat dapat membantu meredakan stres dan membantu kamu tertidur lebih cepat.

4. Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan makanan berat sebelum tidur. Konsumsi ini dapat mengganggu kualitas tidur.

5. Dapatkan cukup olahraga dan cahaya matahari selama hari. Olahraga dan cahaya matahari dapat membantu mengatur siklus tidur-bangun.

6. Hindari menggunakan ponsel atau perangkat elektronik sebelum tidur. Layar ponsel dapat mengganggu produksi melatonin dan membuat kamu kesulitan tertidur.

Perlu diingat bahwa memperbaiki pola tidur mungkin memerlukan beberapa waktu dan kesabaran, jadi bersabarlah dan terus berusaha mengikuti langkah-langkah di atas.

Ning Suparningsih