blank
Puluhan buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Buruh Terpimpin Grobogan atau KABUT menggelar demo di Kantor Disnaker Grobogan, Senin 6 Februari 2023. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Buntut video viral pekerja mendebat bosnya yang tidak bayar uang lembur. puluhan buruh menggelar demo di Kantor Disnaker Kabupaten Grobogan, Senin (6/2/2023).

Demo puluhan buruh itu berkaitan dengan video viral buruh yang berdebat dengan bosnya di Sai Apparel Industrires Godong, yang viral beberapa hari lalu.

Para buruh demo yang tergabung dalam Komite Aksi Buruh Terpimpin atau KABUT ini membentangkan sejumlah poster berisi tulisan yang menyuarakan aksi mereka. Aksi mendapat penjagaan sejumlah personel dari Polres Grobogan

Merespons aksi tersebut, perwakilan buruh antara lain Ketua Persatuan Buruh Grobogan (PUBG) Wilda serta dua buruh dari PT Sai Apparel Industries ditemui Kepala Disnaker Grobogan, Teguh Harjokusumo.

Perwakilan buruh dalam pertemuan dengan Kepala Disnaker Grobogan, Teguh Harjokusumo, menyampaikan berbagai permasalahan yang dihadapi buruh di Kabupaten Grobogan.

Permasalahan yang disampaikan, termasuk peristiwa buruh ribut dengan atasan di PT Sai Apparel Industries terkait uang lembur yang videonya viral.

Menurut mereka, dalam kejadian tersebut ada indikasi uang lembur karyawan tak dibayarkan, dan hal ini tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan termasuk UUD 1945.

Bahkan kinerja Disnaker menurut para burus seharusnya mengawasi dan menjamin hak pekerja dalam urusan ketenaga kerjaan. Selain itu juga harus berpihak kepada para pekerja yang mengalami ketidakadilan.