blank
Ilustrasi mengenakan jaket. Foto: Dok/Suara.com/Royal Anwar

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu saat berkendara motor selalu mengenakan jaket?

Ada banyak manfaat mengenakan jaket, terutama saat berkendara. Manfaat inilah yang membuat para pengendara di jalanan disarankan memakai jaket. Apalagi pengendara sepeda motor, tubuhnya langsung terpapar lingkungan luar.

Dilansir dari Suara.com, penggunaan jaket ini penting dipakai bukan hanya di musim dingin saja, tapi juga panas. Meskipun demikian banyak yang masih mengabaikan pentingnya peran jaket saat berkendara. Yuk, simak beberapa manfaat mengenakan jaket saat berkendara berikut ini.

1. Mencegah angin masuk tubuh

Mengendarai sepeda motor menyebabkan tubuh mudah terpapar angin langsung. Utamanya angin yang asalnya dari arah depan.

Bila tidak memakai jaket, angin akan langsung masuk ke tubuh dengan jumlah berlebihan. Ibaratnya tidak ada lapisan yang bisa mencegah atau meminimalisir masuknya angin dari lingkungan luar.

Ketika angin dibiarkan begitu saja masuk tubuh dengan jumlah berlebihan, bisa menimbulkan beragam permasalahan kesehatan. Beberapa diantaranya seperti ISPA, sakit kepala, flu hingga paru-paru basah.

2. Suhu tubuh selalu terjaga

Manfaat mengenakan jaket selanjutnya, suhu tubuh senantiasa terjaga. Ketika dipakai pada siang hari yang suhunya panas, jaket ini akan melindungi tubuh dari paparan matahari langsung.

Sedangkan ketika dipakai pada malam hari yang suhunya dingin, akan membuat tubuh terasa tetap hangat. Bisa dikatakan bahwa peran jaket adalah menjaga suhu tubuh. Jadi, meminimalisir kemungkinan sakit karena suhu yang beda.

3. Risiko cedera berkurang

Jaket, apalagi yang jenis bahannya tebal bisa membantu mengurangi risiko cedera akibat kecelakaan. Sebagaimana kita tahu bahwa dalam berkendara ada saja kemungkinan buruk selama perjalanan terjadi, salah satunya kecelakaan.

Ketika tidak mengenakan jaket, tubuh bisa dengan cepat terluka akibat benturan yang terjadi antara anggota tubuh dengan aspal jalan. Tapi, dengan menggunakan jaket, benturan tidak akan langsung mengenai anggota tubuh.

4. Melindungi tubuh dari debu

Selain itu, jaket bisa melindungi tubuh dari paparan debu dijalanan yang seringkali tidak menyehatkan. Polusi udara serta debu di jalan berpotensi menyebabkan terganggunya kesehatan kulit. Dengan adanya jaket, debu akan terhalang menyentuh kulit.

Apapun kondisinya, baik itu panas maupun dingin, bila berkendara sepeda motor, apalagi yang jarak tempuhnya jauh, sebaiknya kenakan jaket.

Ning Suparningsih