blank
Para siswa SMK Pancasila 2 Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, menjalani pelatihan PBB di Lapangan Gunungsari. Mereka juga dibekali PDBN sebagai upaya pembentukan karakter.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para siswa SMK Pancasila 2 Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, diberikan pembekalan Pembelajaran Dasar Bela Negara (PDBN) dan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Tujuannnya, untuk membentuk karakter dan sikap disiplin serta jiwa patriot nasionalisme.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, pembekalan PDBN dan pelatihan PBB diberikan oleh Babinsa Sertu Lasto dan Sertu Mianto dari Koramil-14/Jatisrono Kodim 0728 Wonogiri. Untuk pelatihan PBB dilaksanakan di Lapangan Gunungsari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

Melalui Babinsa yang menjadi ujung tombak dan garda terdepan TNI AD, Koramil sebagai institusi Komando Kewilayahan mempunyai tanggung jawab yang besar, dalam upaya menumbuhkan sikap disiplin dan pembentukan karakter. Agar para siswa memiliki karakter serta kebanggaan sebagai generasi penerus bangsa.

Sertu Lasto, mengatakan, pelatihan PBB bertujuan pula untuk menumbuhkan rasa persatuan, rasa tanggung jawab dan dapat meningkatkan kedisiplinan yang tinggi. Selain itu, latihan PBB ini bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi para murid dan membangun solidaritas kebersamaan sesama teman.

Teknis pelatihan PBB, diawali dengan memberikan teori kepada siswa-siswi, yang kemudian dilanjutkan dengan pembimbingan praktik di Lapangan Gunungsari.

Bambang Pur