blank
Puding Cokelat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Puding coklat merupakan salah satu makanan penutup dalam keluarga puding dengan rasa coklat. Makanan ini memiliki tekstur yang lebih lembut dari agar-agar pada umumnya karena dicampur bahan lain seperti telur, susu, dan tepung. Penasaran dengan resep puding cokelat yang simpel?

Puding cokelat biasanya dipilih sebagai makanan penutup atau dessert di restoran. Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, kamu bisa memakannya ketika masih dalam keadaan dingin. Cara membuat puding cokelat pun tergolong mudah dan banyak dicari.

Dilansir dari Suara.com, puding cokelat juga enak dicampur dengan berbagai macam rasa dengan menggunakan bahan lainnya, seperti vanila, pisang, topping buah, oreo, hingga roti. Bagi kamu yang menyukai puding cokelat, tidak ada salahnya untuk mencobanya sendiri di rumah daripada harus membeli di luar.

Baca Juga: Tak Bisa Lepas dari Cokelat? Simak Lima Tips Mengonsumsi Cokelat Tanpa Khawatir

Lantas, seperti apa resep puding cokelat yang manis dan enak ini? Simak ulasannya berikut ini. Sebelum membuat puding cokelat, kamu dapat mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-bahan yang digunakan:
– 180 gram cokelat
– 1 liter susu
– 1/2 cangkir gula
– 1/4 sdt garam
– 2 sdm cokelat bubuk
– 125 gram gula pasir atau sesuai selera
– 2 sdm tepung maizena

Cara Membuat Puding Cokelat
1. Siapkan seluruh bahan untuk membuat puding cokelat. Setelah itu, siapkan panci yang besar dan campurkan 180 gram coklat masak, 1 liter susu, 1/2 cangkir gula, dan 1/4 sendok teh garam dalam panci.
2. Panaskan adonan di atas api sedang sambil diaduk dengan spatula atau whisk sampai coklat terlarut sempurna dan adonan menjadi kental.Tuangkan susu kental manis dan aduk-aduk kembali hingga merata.
3. Masukkan 2 sendok makan tepung maizena dalam adonan dan aduk rata.

Baca Juga: Mengapa Valentine Selalu Identik dengan Cokelat? Yuk Simak Lebih Lanjut

4. Siapkan cetakan atau loyang, dan tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega.
5. Kukus adonan selama 20-25 menit.
6. Angkat dan dinginkan puding selama 30 menit hingga menjadi dingin.

7. Siramkan saus cokelat dan taburi dengan bubuk cokelat atau keju parut untuk menambah rasa puding menjadi lebih nikmat.
8. Hidangkan puding cokelat dengan cara memotongnya menjadi bagian lebih kecil agar mudah memakannya. Kamu juga bisa menyimpan puding ke dalam kulkas jika tidak sedang dimakan.
9. Nah, demikian ulasan singkat mengenai resep puding cokelat yang enak. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba!

Claudia