blank
Dirkamsel Korlantas Polri, Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari bersama rombongan dari Jasa Raharja, Dirjen Perhubungan Darat dan Ditlantas Polda Jateng, saat kunjungan di Polres Tegal Kota dalam rangka mengecek kesiapan jalur pantura. Foto: Dok/Bidhumas

TEGAL (SUARABARU.ID) – Korlantas Polri mulai mempersiapkan jalur mudik Lebaran Idul Fitri 2023. Persiapan dilakukan jauh hari agar meminimalisir kendala yang mungkin terjadi saat musim mudik Lebaran mendatang.

Hal itu disampaikan Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri, Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari saat berkunjung ke Polres Tegal Kota pada Kamis (2/2/2023) sore.

Kunjungannya bersama rombongan dari Jasa Raharja, Dirjen Perhubungan Darat dan Ditlantas Polda Jateng itu untuk mengecek kesiapan jalur pantura, karena beberapa bulan lagi sudah memasuki Ramadhan dan Lebaran.

Kedatangan rombongan Dirkamsel Korlantas Polri disambut Kapolres Tegal Kota, AKBP Jaka Wahyudi dan langsung menuju Aula Deviacita Mapolres Tegal Kota untuk melaksanakan rapat dan pemaparan dari seluruh Kasatlantas jajaran eks wilayah Pekalongan.

Brigjen Ery mengatakan, tahun ini dengan kondisi yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, diperkirakan jumlah pemudik pada lebaran nanti akan melonjak drastis. Menurutnya, mereka yang tidak sempat pulang di tahun lalu lantaran masih pandemi Covid-19, dipastikan tahun ini akan mudik ke kampung halaman.

“Euforia pemudik tahun ini tentunya akan lebih terasa, karena mereka bisa pulang ke kampung halaman. Berbeda dengan tahun sebelumnya, karena adanya pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM di Jawa dan Bali,” kata Brigjen Ery.

“Untuk itu segala persiapan perlu dilakukan Polri, salah satunya dengan pengecekan jalur pantura yang kerap dilalui para pemudik,” tukasnya.

Dari paparan para Kasatlantas se- eks wilayah Pekalongan, juga telah dipersiapkan upaya-upaya pengamanan dan rekayasa arus lalu lintas untuk kelancaran pemudik menjelang lebaran nanti.

Termasuk koordinasi antar wilayah dan melibatkan seluruh elemen, baik Pemerintah Daerah ataupun unsur terkait, agar pelaksanaan pengamanan arus mudik ataupun arus balik bisa berjalan lancar tanpa kendala apapun.

Brigjen Ery berharap, dengan segala persiapan yang dilakukan secara matang dan terkoordinasi, semuanya bisa berjalan aman dan kondusif.

Ning Suparningsih