blank
Rombongan USM yang dipimpin Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH foto bersama seusai audiensi dengan Direktur Kemahasiswaan ITS, Dr Imam Abadi ST MT (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Dalan rangka persiapan menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023 yang akan digelar Juni mendatang, Universitas Semarang (USM) melakukan studi banding ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Kamis (2/2/2023).

Rombongan USM dipimpin Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

Ketua Panitia KRI 2023 USM, Dr Andi Kurniawan ST MT mengatakan, tujuan studi banding untuk menggali lebih dalam pelaksanaan lomba Kontes Robot Indonesai yang telah diselenggarakan di Graha ITS dari segi penyelnggara untuk masing- masing-masing seksi panitia, sehingga menjadi barometer keberhasilan untuk penyelenggara yang akan diadakan di Universitas Semarang.

”Kami diterima Direktur Kemahasiswaan Dr Imam Abadi ST MT didampingi Dekan Fakultas Teknologi Elektro dan Informasi Cerdas Dr I Ketut Eddy Purnama ST MT, Wakil Dekan Dr. Diana Purwitasari, S.Kom., M.Sc. dan para PIC berbagai divisi kontes Robot Indonesia tahun 2022. Kami diterima di Ruang Dekan Fakultas Teknologi Elektro dan Informasi Cerdas Gedung Rektorat Lantai 3,” ujarnya.

Menurutnya, dalam studi banding dibahas persiapan penyelenggaraan mulai dari acara pembukaan hingga penutupan pada wilayah 1 ,wialayh 2 dan Nasional. Selain itu juga dibahas perlengkapan yang dibutuhkan dalam kontes robot, jaringan internet yang dibutuhkan, serta tata kelola keuangan robot.

”Dari studi banding, kami mendapatkan pencerahan secara keseluruhan dari segi persiapan, penyelenggaraan serta pascapenyelenggaraan kontes robot Indonesia,” ungkapnya.

Dia berarap, dari studi banding disamping sukses dalam penyelenggaraan, juga dapat sukses dalam prestasi yang semakin meningkat di setiap tahun.

”Kami mendapatkan banyak manfaat dari studi banding. Saya dan teman-teman panitia dapat memahami tentang tugas masing-masing di setiap seksi kepanitian dan dapat memperbaiki kekurangan yang diselangrakan oleh host sebelumnya,” tandasnya.

Muhaimin