blank
Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi,SIK. MH. MSI sedang memeriksa peralatan yang akan digunakan pelatihan personel Dalmas setempat. Foto: Resta Ska

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Dalmas Polresta Surakarta dilatih terkait penggunaan road blocker. Pelatihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan personel untuk mewujudkan Polri yang profesional, diikuti dua peleton Dalmas Polresta Surakarta dipimpin Kapolresta Kombes Pol Iwan Saktiadi, SIK, MH, MSi didampingi Kasat Samapta Kompol Dani Permana Putra,SH.SIK.MH, Kamis (2/2/2023).

Kapolresta Kombes Pol Iwan Saktiadi dalam penjelasannya mengatakan, pelatihan diikuti seluruh anggota Dalmas terkait penggunaan dan pengoperasian senjata pengurai massa atau flash ball atau pelontar gas air mata serta senjata setrum (electric gun).

Fungsi senjata flash ball atau pelontar gas air mata efektif melontarkan peluru gas air mata hingga 50 meter. Karena setelah ditembakkan keluar asap yang memerihkan mata dan berfungsi untuk mencerai beraikan massa yang beringas. Baik dalam situasi tawuran atau aksi demo, senjata ini sangat efektif.

Mengenai road blocker, merupakan alat penghalau kendaraan dengan sistem stinger spike. Fungsinya yakni untuk menghentikan secara paksa bagi pelaku kejahatan yang sudah diketahui menyerah malah melarikan diri dengan menggunakan kendaraan bermotor maupun untuk pelanggaran lalu lintas, seperti balap liar.

“Adanya pelatihan diharapkan dapat meminimalisir kecelakaan akibat ketidak pahaman anggota dalam menggunakan peralatan dan persenjataan,” pungkas Kapolresta Surakarta.

Bagus Adji