blank
PGN menggelar kegiatan penanaman 1000 bibit pohon Alpokat jenis Rifai dalam peresmian Agrowisata Kulonprogo. (ist./doc.PGN)

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID) – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) secara konsisten melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR). Komitmen PGN ditunjukan dengan berbagai aksi dan kegiatan CSR di seluruh wilayah operasi.

Salah satunya dengan melakukan penanaman 1.000 bibit pohon Alpokat jenis Rifai di Dusun Kemiri Desa Wijimulyo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo dengan menyalurkannya melalui Kelompok Tani setempat.

General Manager SOR III PGN, Edi Armawiria, menyebutkan bahwa terdapat total 1.000 bibit pohon Alpokat jenis Rifai pada kegiatan penanaman pohon ini.

“Semoga kedepannya pohon-pohon ini dapat menghijaukan dan menunjang kegiatan pariwisata di Agrowisata Kulonprogo,” katanya.

Edi juga menjelaskan bahwa PGN Grup senantiasa menyelaraskan program CSR dan strategi bisnis perusahaan menggunakan inisiatif CSR yang mengadopsi CVS (Creating Shared Value) dan ISO 26000 SR. Adapun ISO 26000 merupakan panduan tingkat internasional mengenai CSR.

Adapun pemilihan bibit Alpokat jenis ini dikarenakan memiliki potensi nilai ekonomi yang tinggi dari aspek komersial ke depannya, dan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar serta membantu meningkatkan pendapatan bagi para petani di daerah Kulonprogo dan sekitarnya.

Terakhir, Edi mengatakan, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk penghijauan saja namun juga dalam rangka mendukung target pemerintah Indonesia dan komitmen BUMN dalam mengurangi emisi karbon agar tercapai Net Zero Emission.

“Pemanfaatan akan pengelolaan tanaman jenis ini juga nantinya diharapkan dapat menunjang kegiatan kepariwisataan yang ada di Kulon Progo, sehingga dapat menambah daftar Obyek kunjungan Agrowisata di Kulon Progo pada Khususnya dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada umumnya,” katanya.

Program CSR PGN secara aktif dan berkelanjutan senantiasa melibatkan berbagai unsur masyarakat. Dengan dukungan dari masyarakat khususnya disekitar wilayah operasi PGN menjadi bagian penting bagi kemajuan PGN.

Hery Priyono