blank
Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman menerima audiensi Ketum Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB.Perpani) hasil Musyawarah Nasional (Munas) Perpani 20 Desember 2022, yakni Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat.

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Ketua Umum (Ketum) KONI Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman menerima audiensi Ketum Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia (PB.Perpani) hasil Musyawarah Nasional (Munas) Perpani 20 Desember 2022, yakni Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat.

Arsjad yang juga Ketum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), memimpikan Panahan mampu meraih emas Olimpiade. “Kita ingin lagu Indonesia Raya dikumandangkan pada Olimpiade 2024 Paris nanti,” katanya pada kunjungan pada 1 Februari 2023.

“Kalau di Korea dulu kita dapat medali Perak, di masa kepemimpinan Pak Arsjad kita bisa dapat Emas,” terang Ketum KONI Pusat optimistis dengan kepengurusan PB.Perpani di bawah Arsjad Rasjid.

“Panahan ini tercatat sebagai cabang olahraga pertama yang berhasil mempersembahkan medali untuk Indonesia pada Olimpiade 1988 di Korea. Indonesia pertama dikalungi/mendapatkan medali Olimpiade itu ya dari Panahan, cabor lain belum ada, panahan sudah ada,” jelas Ketum KONI Pusat.

Ketika itu Tiga Srikandi Indonesia, Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani mampu meraih perak Panahan pada Olimpiade tahun 1988 di Seoul Korea Selatan. Itu medali pertama Indonesia pada Olimpiade sejak keikutsertaan dari Olimpiade 1952 di Helsinki, Finlandia.

“Saya melihat cabor panahan ini cabor yang potensial,” tegas Marciano.

Dalam rangka mengantar atlet meraih prestasi, dukungan swasta juga diperlukan. “Saya lihat, pengusaha luar negeri di Indonesia sangat banyak, berharap kontribusinya terhadap olahraga Tanah Air.

Arsjad Rasjid sampaikan tengah berusaha menggalang dukungan dari beberapa perusahaan besar. Ia sebutkan contohnya di Korea Selatan, bagaimana perusahaan-perusahaan besar mendukung olahraga. Saat ini, salah satu petinggi Hyundai Indonesia diberikan amanah oleh Arsjad menjadi Bendahara PB.Perpani.

Selain itu, Arsjad juga melibatkan influencer media sosial untuk sosialisasikan olahraga Panahan agar banyak peminat, sehingga Perpani nantinya melakukan penjaringan, penyaringan dan membina pecinta panahan yang semakin banyak agar menjadi atlet berprestasi.

Tak lupa dibahas juga rencana pelantikan PB.Perpani, yakni pada 8 Februari 2023 mendatang di lapangan panahan GBK, Senayan.

Muhaimin