blank

Oleh: Machmud Reza Fachrizal, S.Pd.SD

Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup. Sebab terbukti tidak sepenuhnya efektif dalam menjaga kesehatan. Sebab masih ada kemungkinan tidak berhasil melepaskan lemak dan kotoran yang menempel di tangan, tempat kuman penyakit hidup. Akibatnya, tangan dapat membawa virus atau bahteri kedalam tubuh kita.

Menggunakan sabun dalam mencuci tangan, walaupun harus mengalokasikan waktunya lebih lama, namun jika dilakukan dengan cara yang bernar dipastikan berhasil melepaskan lemak dan kotoran yang menempel di tangan saat digosok.

Program Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)| ini merupakan salah satu program Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Sebab tangan adalah bagian dari anggota tubuh kita pertama yang bersentuhan langsung dengan virus ataupun bahteri. Karena itu tangan yang tidak bersih potensial membawa penyakit kedalam tubuh kita, diantaranya melalui makanan yang kita konsumsi.

blank
Siswa-siswi dibiasakan mencuci tangan pakai sabun

Karena itu saat tidak dicuci dengan sabun, dapat memindahkan bakteri, virus, dan parasite. Termasuk kepada orang lain. Artinya tangan dapat menjadi perantara dalam penularan penyakit.

Pembiasaan

Karena itu UPT SDN 1 Kedungsarimulyo Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara menjadikan program CTPS sebagai salah satu prioritas guna mewujudkan Pola Hidup Bersih dan Sehat warga sekolah. Disamping itu juga diberikan pemahaman bahwa kebersihan adalah bagian dari iman serta bagian dari penanaman nilai-nilai disiplin.

Sekolah yang berada di pinggir selatan Kabupaten Jepara dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Demak ini terus membiasakan peserta didik dengan kegiatan CTPS, selalu membiasakan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir hingga menjadi budaya warga di UPT SDN 1 Kedungsarimulyo

blank
UPT SDN 1 Kedungsarimulyo mendapat bantuan 4 unit alat CTPS dari Dinas PUPR Provinsi Jawa Tengah

Pembiasaan yang disertai dengan keteladanan guru ini membuat warga sekolah SDN 1 Kedungsarimulyo antusias menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat dengan baik

Apalagi PHBS ini juga mendapat respon baik dari walimurid/ masyarakat/ pemangku kepentingan lainnya hingga menjadikan warga UPT SDN 1 Kedungsarimulyo menjadi lebih giat dalam kegiatan PHBS.

Bahkan di awal tahun 2023, UPT SDN 1 Kedungsarimulyo mendapat bantuan 4 unit alat CTPS dari Dinas PUPR Provinsi Jawa Tengah. Ini merupakan kado terindah bagi SDN1 Kedungsarimulyo yang konsisten menjalankan program PHBS.

Tentu tidak berhenti dilingkungan sekolah. Harapan kami, dengan pembiasaan PHBS ini semua warga sekolah bisa menjadi inspirasi dan motivasi dalam penerapan PBHS di rumah, lingkungan sekitar dan masyarakat.

Sebagai akhir dari tulisan ini akan saya sampaikan sebuah hadits “Annadhofatul minal iman” yang artinya kebersihan sebagian dari iman. Hadist Rasulullah Saw ini menekankan bahwasannya setiap muslim haruslah senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat dan Bahagia

Penulis adalah Guru SDN 1 Kedungsarimulyo Satkordikcam Welahan