blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cokelat merupakan makanan yang cukup populer dan digemari banyak orang. Cukup banyak informasi atau bahkan mitos yang beredar seputar coklat dan kehamilan.

Namun sebuah studi menunjukkan bahwa ibu hamil yang rutin memakan sepotong kecil cokelat tiap hari, terutama cokelat pahit justru dapat memperoleh manfaat kesehatan.

Kehamilan suatu kondisi khusus, dimana ibu atau calon ibu harus lebih memperhatikan segala sesuatu yang terpapar dengan tubuh, termasuk apa yang dikonsumsi.

Baca Juga: Bisa Membuat Pintar, Yuk Simak 5 Manfaat Cokelat bagi Otak

Dilansir dari alodokter.com, ini disebabkan oleh kandungan senyawa fenolik aktif dan flavonol yang diketahui memiliki kaitan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular serta penurunan kadar kolesterol yang terkandung di dalamnya. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil diantaranya :

Meningkatkan peredaran darah pada janin

Menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan preeklamsia, terutama jika dikonsumsi saat trimester 1 atau 3 kehamilan. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa,ibu hamil yang rutin mengonsumsi cokelat 1-3 takaran saji per minggu memiliki risiko 50 persen lebih rendah terhadap preeklamsia selama trismester pertama.

Sebagai antioksidan. Kandungan flavonoid dalam cokelat juga dapat membuat ibu hamil menjadi lebih sehat dan bahagia.
Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Makin gelap cokelat, maka makin banyak mengandung flavonol.

Baca Juga: Membantu Turunkan Berat Badan, Simak Tips Makan Cokelat yang Tepat

Mendukung tumbuh kembang janin yang sehat. Sebuah studi berbeda menyimpulkan bahwa memakan 30 gram cokelat per hari selama hamil dapat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Menurunkan risiko stress pada ibu hamil dan janin. Salah satu riset menunjukkan mengkonsumsi coklat beberapa gram selama satu hari ternyata terbukti menurunkan resiko stres pada janin dan ibu hamil.

Meningkatkan Respon Bayi. Kandungan phenythylamin dari cokelat yang dikonsumsi selama kehamilan merupakan nutrisi yang baik dan apabila diserap oleh janin dapat memberikan efek baik terhadap respon bayi ketika sudah lahir maupun dalam pertumbuhan.

Namun masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat – manfaat tersebut. Untuk itu, jika Anda ingin mengkonsumsi cokelat saat hami, pilihlah cokelat pahit berkualitas baik dan cukup dalam porsi kecil , yakni sekitar 30 gram sehari atau setara dengan beberapa gigitan saja. Selai cokelat, Anda juga sebaiknya mengkonsumsi nutrisi lain seperti asam folat, protein, kalsium dan zat besi.

Claudia