blank
cokelat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cokelat sendiri berasal dari xocolatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Pada awalnya, cokelat dikonsumsi sebagai minuman yang dibuat berbuih, kadang-kadang ditaburi lada merah, vanilla, madu atau rempah-rempah lain. Rasanya pahit, sepat dan berlemak.

Camilan serba cokelat biasanya paling mendominasi perayaan Hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari. Namun, kamu tentu tidak akan menghabiskan begitu banyak cokelat dalam sehari, mengingat kandungan gulanya yang cukup tinggi terlebih untuk cokelat dengan bahan-bahan tambahan.

Dilansir dari Suara.com, Jika kamu masih punya banyak stok cokelat, sebaiknya sinpan dengan tepat agar beberapa hari ke depan masih bisa dinikmati tanpa ada perubahan rasa. Bagaimana cara menyimpannya? Yuk, simak tips menyimpan cokelat berikut.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Cokelat? Yuk Simak Selengkapnya

1. Simpan pada Suhu 16-21 Derajat Celcius

Idealnya, cokelat dapat disimpan di tempat yang sejuk, kering, dan gelap atau minim paparan cahaya. Dilansir dari The Spruce Eats, sebaiknya cokelat disimpan dalam suhu konsisten berkisar 60-70 derajat Fahrenheit atau setara 16-21 derajat Celcius.

Selain itu, jauhkan cokelat dari lokasi penyimpanan yang terlalu lembap. Tempat penyimpanan yang digunakan disarankan punya kadar kelembapan 50 persen saja untuk menghindari risiko kondensasi, karena air bisa mengakibatkan cokelat cepat membusuk.

2. Simpan di Kulkas dalam Kondisi Tertentu

Memang tak semua rumah tangga memiliki pendingin ruangan dengan kondisi iklim begitu panas. Menyimpan cokelat di ruang terbuka misalnya di rak makanan dapur jelas membuat cokelat cepat meleleh. Jika memang kondisinya demikian, cokelat bisa disimpan di kulkas.

Baca Juga: Bisa Membuat Pintar, Yuk Simak 5 Manfaat Cokelat bagi Otak

Seperti dilansir Serious Eats, kamu perlu memastikan cokelat diletakkan terlebih dahulu dalam wadah yang tertutup rapat sebelum dimasukkan kulkas. Kenapa? Karena kulkas merupakan area yang sangat lembap dan hal ini dapat merusak cokelat.

3. Letakkan dalam Wadah Tertutup

Cara menyimpan cokelat yang benar selanjutnya, yakni letakkan dalam wadah tertutup. Jika disimpan di luar kulkas pun, kamu perlu meletakkan cokelat dalam wadah tertutup, apalagi jika cokelat sudah terbuka. Cokelat mudah menyerap aroma atau bau benda yang berada di sekitarnya misal, bawang putih atau rempah.

4. Perhatikan Lama Penyimpanan

Masing-masing jenis cokelat memiliki cara penyimpanan yang berbeda. Jangan lupa juga perhatika tanggal kadaluarsa masing-masing cokelat. Namun pada umumnya, cokelat susu (milk chocolate) mampu bertahan sampai setahun, sedangkan cokelat hitam (dark chocolate) hingga dua tahun.

Itulah empat tips cara menyimpan cokelat yang benar. Jangan sampai salah lagi, ya!

Claudia