blank
Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto simbolis menyerahkan hasil bulan dana PMI 2022 kepada Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto disaksikan Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana, Senin 31/1.(Foto:SB/Humas PMI Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Hasil Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen pada 2022 mencapai Rp 1,5 Miliar.

Hal tersebut terungkap dari kegiatan Musyawarah Kerja PMI Kebumen Tahun 2023 di Pendopo Kabumian, Senin (30/1) .

Acara sekaligus penutupan dan serah terima bulan dana PMI Tahun 2022 berhasil mencapai R[p 1,5 M, telah diserahkan langsung dari Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto Kepada Ketua PMI KebumenSabar Irianto.

Dalam acara tersebut turut hadir Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto, Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana, Jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen Ni Iin Windarti Arif Sugiyanto, Kepala OPD dan Pengurus PMI Kabupaten Kebumen.

blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberi sambutan pada Musyawarah Kerja 2023 di Pendopo Kabumian, Senin 31/1.(Foto:SB/Humas PMI Kebumen

Bupati Kebumen selaku Ketua Panitia Bulan Dana mengapresiasi kinerja PMI Kebumen. Menurutnya, setiap tahun hasil perolehan bulan dana kian meningkat maka di sinilah peran PMI terus dikembangkan untuk kemanusiaan

“Bapak, Ibu hadirin saya lihat dari tahun ke tahun perolehan bulan dana PMI Kebumen terus meningkat. Dahulu sejak awal Pak Sabar Masuk hanya Rp 400jt sekarang mencapai 1,5 M menandakan lonjakan besar, ini merupakan apresiasi yang besar untuk PMI Kebumen.”

Menurut Bupati, dengan perolehan bulan dana meningkat, PMI terus mengembangkan aksi-aksi kemanusiaannya. Seperti dilaporkan oleh Ketua PMI Kebumen, mampu mengatasi relokasi rumah Rp 20 juta, serta ikut membantu gempa Cianjur dengan meninjau langsung memberikan bantuan ke lokasi.

Bupati mengakui hasil bulan dana PMI betul-betul dibutuhkan. Maka ia mengajak masyarakat Kebumen memiliki rasa kemanusiaan. Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyukseskan bulan dana sehingga realisasi tahun 2023 dapat terpenuhi.

Budaya Gotong Royong

Atas nama pemerintah daerah, Bupati menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat umum, sekolah, kedinasan vertikal, dan utamanya anggota ASN yang terus mendukungkegiatan bulan dana PMI tahun 2022.

”Di sinilah kita bahu membahu sesama untuk kemanusiaan sehingga mudah-mudahan realisasi di tahun 2023 yang sudah berjalan ini dapat terpenuhi,”imbuh Arif Sugiyanto.

Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana berharap hasil bulan dana PMI Kebumen tahun 2022 dapat menopang progam kerja yang akan terealisasikan tahun 2023, sesuai dengan hasil sidang musyawarah kerja.

Menurut Sarwa, kenaikan perolehan bulan dana ini harus menjadi semangat lagi untuk PMI Kebumen terus berkiprah dalam kemanusiaan di Jawa Tengah khususnya. Mengingat kearifan Jawa tengah dengan budaya gotong royong harus diterapkan kebersamaan melalui kegotongroyongan k dalam menghadapi bencana sekalipun.

“PMI Kebumen dengan program kerjanya harus bisa menjabarkan visi-misi Bupati Kebumen dalam kemanusiaan,”tegas Sarwa Pramana.

Sebelumy aKetua PMI Kebumen Sabar Irianto merasa optimistis menebar kemanfaatan melalui pelayanan-pelayanan sosial maupun kebencanaan

“Di tahun 2023 ini PMI selalu memberikan pelayanan terbaik. Kami selalu siaga 24 jam, posko kami selalu buka 24 jam untuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan- kemanusiaan seperti ambulans, Pelayanan PP, pertolongan kebencanaan di mana pun kami siap 24 jam,”ujar Sabar Irianto.

Komper Wardopo