blank
Sebanyak 18 insinyur baru lulusan Program  Profesi Insinyur Universitas Muhammadiyah Surakarta berfoto bersama Rektor  Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat Ir., Bambang Goeritno, M.Sc., MPA., IPU pada acara pengambilan  Sumpah Profesi Insinyur (SPI) yang berlangsung di Kampus UMS. Foto: HumasUMS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 18 orang Insinyur lulusan Program Profesi Insinyur (PPI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengikuti Sumpah Profesi Insinyur (SPI). Dua pejabat UMS yakni Wakil Rektor V Prof., Ir., Supriyono , S.T., M.T., Ph.D dan Dekan Fakultas Teknik Ir., Rois Fathoni, S.T., M.Sc, Pd.D turut serta diambil sumpah.

Pengambilan sumpah lulusan PPI berlangsung dalam acara SPI Angkatan ke-6 yang dipimpin Rektor Prof Dr Sofyan Anif, M.Si di Gedung Auditorium Moh., Djazman kampus setempat, Sabtu (28/1/2023). Dalam kesempatan sama juga disampaikan kuliah umum dari Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat Ir., Bambang Goeritno, M.Sc., MPA., IPU.

Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si dalam sambutannya berharap dengan menjadi seorang insinyur, ke depan tentu akan semakin kuat komitmen dan loyalitasnya terhadap bangsa dan negara.

“Keberadaan profesi insinyur itu sangat luar biasa. Artinya, ikut andil memberikan sumbangan pada bangsa dan negara, baik ditataran skill  juga pengembangan IPTEKS,” paparnya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat Ir., Bambang Goeritno, M.Sc., MPA., IPU dalam kuliah umum yang disampaikan mengingatkan, tantangan global keinsinyuran (digitalisasi dan otomasi) mengharuskan insinyur Indonesia fokus pada peningkatan keterampilan dan peningkatan kompetensi secara berkelanjutan.

Pihaknya berharap UMS dapat berperan dalam mencetak insinyur-insinyur baru.”Kami mengharapkan UMS ikut berperan dalam mencetak insinyur-insinyur, dengan berbagai strategi dan marketing yang baik,” jelasnya.

Bagus Adji