blank
Para siswa SMP Tahfizd Annur bersama pimpinan sanggar seni Loka Budaya.

JEPARA (SUARABARU.ID)-Ada yang unik dari kegiatan pembelajaran siswa-siswi SMP Tahfizd Annur, Desa Mangunan, Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Sebagai pelaksanaan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), para siswa diajak untuk mengunjungi sanggar seni Loka Budaya yang terletak di Desa Sukodono, Kecamatan Tahunan, Minggu (29/1/2022).

blank
KRA Bambang S Adiningrat bersama Supardi. Nguri-nguri Budaya Jawa.

Dengan diidampingi guru bahasa Jawa, Supardi, S.Pd, para peserta didik SMP Tahfizd Annur diperkenalkan dengan kearifan lokal, serta diajak untuk nguri-ngui budaya Jawa. “Melalui kegiatan ini harapan kedepan para siswa memiliki kepekaan sosial terutama pada kebudayaan serta kearifan lokal”, kata Supardi.

blank
Memperkenalkan kearifan lokal.

“Sehingga terwujud siswa yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sebagai insan yang berahlak muliaa dan bisa melestarikan budaya luhur dan mencintai NKRI”, lanjut Supardi.

Sementara itu, pimpinan sanggar seni Loka Budaya KRA Bambang S Adiningrat, memberi wejangan kepada para siswa tentang karakter Pandowo. Yaitu para siswa dituntut untuk bisa memiliki sifat mulia dari sifatnya Pandowo yang berupa kesabaran, kejujuran, keberanian dan welas asih.

Menurut Supardi, dari implementasi P5 dalam kurikulum merdeka diharapkan dapat membuat siswa memiliki enam dimensi yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

“Dari keenam dimensi ini dapat memupuk kemampuan kognitif dan menumbuhkan jati diri sebagai bangsa indonesia yang mempunyai budaya luhur”, pungkasnya.

ua/roshif