SEMARANG (SUARABARU.ID)– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), berpartisipasi pada kegiatan ‘Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023’, yang diselenggarakan Kementerian BUMN. PT SIG mengirim 32 UMKM binaan, pada bazar yang digelar di Lantai Rubanah (Basement) Gedung Sarinah, Jakarta, Kamis-Minggu (26-29/1/2023).
Bazar ini menjadi salah satu upaya Kementerian BUMN dalam mendukung pemberdayaan UMKM daerah, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Kegiatan ini sekaligus memberikan kesempatan para pelaku UMKM, untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas.
Direktur SDM dan Umum SIG, Agung Wiharto mengatakan, bagi SIG pembinaan UMKM tidak terbatas pada pembekalan pengetahuan dan bantuan pendanaan. Tetapi lebih dari itu, event ini menjadi pengembangan bisnis.
BACA JUGA: Kapolres Angkat Kearifan Lokal Wonogiri SUPER, Filosofi Tiji Tibeh Sampai Bakso Urat
Salah satunya melalui pelibatan UMKM binaan di berbagai ajang, seperti bazar UMKM ini. Kegiatan ini juga berpotensi membantu perluasan pasar, dan menciptakan peluang-peluang baru. SIG pun mendorong UMKM binaan, agar mampu naik kelas dan mendunia.
”Selain menjadi momentum memperkuat kolaborasi dengan stakeholders, kegiatan ini juga menjadi aktivasi perdana Semen Baturaja bersama SIG, setelah tuntasnya proses integrase, pada Desember 2022 lalu,” terang Agung dalam keterangan tertulisnya, belum lama ini.
Ditambahkan dia, sejumlah 32 UMKM binaan anak usaha SIG, yaitu Semen Gresik, Solusi Bangun Indonesia dan Semen Baturaja yang berpartisipasi kali ini, merupakan wujud komitmen perusahaan, dalam penerapan keberlanjutan berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG), melalui pengembangan UMKM.
Riyan