blank
Para petugas kepolisian mendatangi lokasi menara tower telekomunikasi yang dilaporkan telah disatroni pencuri, untuk melakukan penanganan.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Menara tower Telekomunikasi Protelindo PT XL Axiata JAW-JT-WNG-2877 di Dusun Klampisan RT 03/RW 06 Desa Gedawung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, disatroni pencuri. Delapan buah komponen baterai-nya hilang.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah dan Kapolsek Kismantoro AKP Suwondo, melalui Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, semalam, menyatakan, kasus pencurian di menara tower Telekomunikasi itu, dilaporkan ke Polsek Kismantoro Polres Wonogiri Jumat siang (27/1).

Menyikapi laporan tindak kriminal yang masuk dalam ranah Pasal 362 KUHP tersebut, petugas telah melakukan penanganan di lokasi kejadian. Mengamankan barang bukti dna meminta keterangan dari para saksi. Untuk selanjutnya, ditingkatkan melaksanakan penyelidikan.

Kasus pencurian tersebut dilaporkan oleh Petugas Jasa Menara Tower, Prayitno (40), warga Dusun Bledo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Dalam kasus ini, yang menjadi korban adalah pihak PT XL Axiata, Jakarta, sebagai pemilik menara tower.

Kronologi kejadiannya diawali pada hari Sabtu tanggal 21 Januari 2023 sekitar Pukul 10.00, Saksi Veby Heriyanto dari Vendor Nokia sedang rekctyfikasi instalasi di area Tower Telekomunikasi tersebut.

Saat itu, Veby Heriyanto, berniat memeriksa power dari baterai instalasi perangkat Rectifier milik PT XL Axiata JAW-JT-WNG-2877. Saksi terkejut, karena 8 buah baterai merk Narada warna hitam 100 ah hilang.

Oleh Paryitno, kasus ini kemudian dilaporkan ke Polsek Kimantoro Jumat siang (27/1). Menurut pelapor, 8 buah baterai yang hilang tersebut memiliki nilai sekitar Rp 24 juta.

Bambang Pur