blank
Ilustrasi cegah stunting. Foto: Dok/Darya Varia

SEMARANG (SUARABÀRU.ID) Apakah kamu sedang  mencari tips jitu atasi anak susah makan.

Dalam fase perkembangannya, anak akan mengalami fase untuk menolak makanan. Tak jarang fase ini menimbulkan kecemasan bagi orang tua, khusunya ibu-ibu.

Selain takut asupan gizi kurang, masalah stunting menjadi kekhawatiran tersendiri. Lalu, bagaimana menyikapi anak saat susah makan?

Dilansir dari Suara.com (website Siloam Hospital, dokter spesialis anak dr. Natalia Erica Jahja, Sp.A) menjelaskan, ada beberapa faktor yang membuat anak tak mau makan.

1. Tahu penyebab anak tolak makanan

Seperti aroma tertentu pada makanan, bentuk dan tekstur makanan yang tidak disukai, hingga kecenderungan memilih makanan tertentu.

Untuk itu penting bagi para orang tua untuk mencari tau apa penyebab anak menolak makan.

Ajak anak berkomunikasi dengan baik.Jika sudah tau penyebabnya akan lebih mudah untuk menyikapinya.

2. Buat suasana makan menyenangkan

Tips berikutnya yakni buat suasana makan menyenangkan bagi anak dan juga orangtua. Hal ini akan menambah mood anak sehingga akan mendorong nafsu makan meningkat.

3. Atur waktu makan

Selanjutnya atur waktu makan secara konsisten. Buat jadwal rutin kapan anak harus makan, kapan anak harus makan snack, dan kapan harus bermain ataupun tidur siang.

4. Menu yang bervariasi

Langkah berikutnya adalah variasikan aneka bahan makanan. Salah satu faktor anak menolak makan karena ia bosan dengan menu yang disajikan. Sebisa mungkin setiap hari sajikan menu yang berbeda. Sehingga anak tidak mudah bosan.

5. Beri contoh yang baik sebagai orang tua

Pastikan orang tua jadi panutan yang baik bagi anak. Pastikan sebagai orang tua untuk tidak memilih-milih makanan yang ada di meja makan, sehingga anak akan mencontoh kebiasaan tersebut.

Itu tadi 5 tips untuk anak yang susah makan, untuk mencegah stunting. Semoga bermanfaat..

Ning Suparningsih