blank
Ilustrasi berdoa. Foto: Dok/Pngtree

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Isra dan Miraj adalah dua bagian dari perjalanan malam yang menurut Islam dilakukan oleh nabi Islam, Muhammad SAW dalam satu malam sekitar tahun 621. Dalam Islam itu menandakan perjalanan fisik dan spiritual.

Dikutip dari Suara.com, peristiwa Isra Miraj adalah salah satu peristiwa agung dalam perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW dan terjadi di malam hari. Peristiwa malam Isra Miraj ini ditegaskan oleh Allah SWT dalam surah berikut ini:

“Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkati sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sungguh Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”, (QS Al-Isra ayat 1).

Secara bahasa, Isra berasal dari kata Saro yang artinya perjalanan di malam hari, sementara secara istilah, Isra adalah perjalanan Rasulullah SAW Jibril dari Mekkah ke Baitul Maqdis (Palestina). Sedangkan Miraj secara bahasa merupakan alat untuk naik, dan secara istilah Miraj bermakna tangga khusus yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk naik dari bumi menuju ke atas langit.

Doa Isra Miraj

Sebetulnya ada banyak doa-doa Isra Miraj yang bisa dibaca dan diamalkan, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. Saat memasuki bulan Rajab, Rasulullah SAW mencontohkan untuk membaca doa berikut ini:

“Allahumma barik lana fi rajaba wasya‘bana waballighna ramadlana”, yang artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan”.

2. Pada siang dan malam Isra Miraj, dianjurkan untuk menghidupkan malam tersebut dengan memperbanyak ibadah, dzikir dan doa kepada Allah SWT. Doa yang dianjurkan dibaca pada malam dan siang Isra Miraj adalah:

“Allohumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khoo-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru”, yang artinya: “Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesunguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati”.

Selain itu, ada beberapa amalan yang perlu dilakukan untuk meraih kemuliaan dimomentum Isra Miraj. Diantaranya adalah banyak berdzikir dan bersedekah.

Itulah bacaan doa Isra Miraj yang perlu dibaca oleh umat muslim. Selamat memperingati Isra Miraj 2023.

Ning Suparningsih