blank
Dr Andi Kurniawan Nugroho ST MT

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak 152 perguruan tinggi se-Indonesia akan tampil dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023 yang menurut rencana digelar pada Juni 2023 di Universitas Semarang (USM).

Ketua Panitia KRI, Dr Andi Kurniawan Nugroho ST MT mengatakan, untuk pertandingan di Gelora USM meliputi Kontes Robot Aburobocon Indonesia (KRAI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Sedangkan untuk Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) beroda, KRSBI berkaki, dan Kontes Robot SAR Indonesia (KRSI) dipertandingkan di Auditorium Ir. Wdjatmoko dan Auditorium Prof Dr Muladi SH.

Andi mengatakan, seleksi Wilayah I dan II dilakukan secara hybrid. Seleksi secara luring dilaksankaan di USM. Wilayah I meliputi Seluruh PT di Sumatera, Kepulauan Riau, Batam, dan Bangka Belitung, Jawa Barat, Banten, Sebagian Jawa Tengah dan sebagian Kalimantan. Adapun Wilayah 2 meliputi PT di DIY, Jatim, Sebagian Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT dan Indoensia Timur.

”Kami sudah siap menggelar KRI tingkat nasional ini. Kami berharap, kegiatan ini menghasilkan talenta-talenta mahasiswa yang mampu menjawab kebutuhan riil di Indonesia,” ujarnya.

Dalam mepersiapkan kegiatan ini, katanya, pihaknya sudah melakukan koordinasi melalui pertemuan dengan pihak Kemitraan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, para juri dan panitia di USM.

”Koordinasi ini untuk membahas persiapan pelaksanaan KRI tingkat nasional agar pelaksanaannya nanti sukses,” ungkapnya.

Dalam pertemuan konsolidasi pada Jumat (27/1/2023) dihadiri Koordinator Kemitraan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Rizal Alfian. Dalam pertemuan tersebut disepakati penyelenggaraan seleksi wilayah 1 dan 2 dilaksanakan 29 Mei-4 Juni secara daring. Sedangkan pelaksanaan tingkat nasional digelar 5-10 Juli 2023.

”KRI 2023 kali ini mengambil tema ‘Merdeka Belajar Berprestasi Mengispirasi’. Juri sangat tertarik dengan vanue yang akan dijadikan pelaksanaan lomba dengan fasiltas keseluruhan terbaik yang dimiliki USM,” tandasnya.

Muhaimin