blank
Ganjar saat menunjukkan sepeda kesayangannya untuk dilelang. Dan dari hasil lelang itu, sepeda lipatnya terjual Rp 1,1 miliar. Foto: hms

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melepas sepeda kesayangannya, demi mendukung atlet Special Olympics Indonesia (SOIna), berlaga di Special Olympics World Summer Games di Berlin, Jerman. Sepeda spesial Ganjar itu terjual seharga Rp 1,1 miliar.

Sepeda lipat jenis e-bike berwarna oranye-hitam milik Ganjar itu, dilelang dalam acara malam charity atau Gala Dinner Special Olympics, di Museum Indonesia, kawasan Monas Jakarta, Rabu (25/1/2023) malam.

Selain sepeda Ganjar, ada juga barang-barang milik Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, Menpora Zainudin Amali, Menpan RB Azwar Anas, yang dilelang dalam acara itu.

BACA JUGA: Bersama Para Relawan, Prajurit TNI di Wonogiri Prakarsai Upaya Pelestarian Alam

”Ini sepeda spesial. Sepeda ini nggak ada duanya. Pabriknya datang ke saya, karena saya suka sepeda dan ditawari ini. Ini cari di pabrik yang buat, nggak bakal ada. Soalnya ini saya pesan khusus, dan ada nama saya diukir di sepeda ini,” kata Ganjar menerangkan.

Gubernur Jateng dua periode yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina SOIna ini menyebut, sepedanya sangat spesial. Sebab, sepeda itu sering digunakannya selama berkegiatan olahraga pagi, sambil menyapa masyarakat.

”Karena ini untuk anak-anak kita yang hebat, maka saya cari sepeda yang paling bagus. Saya agak sedih sebenarnya, makanya kalau nyumbangnya sedikit saya lebih sedih lagi,” canda Ganjar.

BACA JUGA: Jadi Pimpinan ASEAN Indonesia Miliki Tantangan Eksternal dan Internal

Sepeda itu dibuka lelangnya dengan harga Rp 500 juta. Tak disangka, sepeda Ganjar itu dibeli seharga Rp 1,1 miliar. Dari hasil lelang sepeda Ganjar dan beberapa barang lain, termasuk lukisan dari para difabel, terkumpul dana sebesar Rp 4,2 miliar.

Lebih lanjut disampaikan Ganjar, dirinya sempat melihat perjuangan atlet SOIna di Dubai. Dia mengungkapkan, sangat terharu melihat betapa hebat anak-anak Indonesia itu berjuang, demi mengibarkan bendera Merah Putih.

”Dan saya diminta mengalungkan medalinya. Itu luar biasa. Anak-anak kita yang spesial ini punya semangat yang harus kita dukung penuh. Semoga di Berlin nanti, mereka tambah semangat untuk mengibarkan bendera Merah Putih di sana,” pungkasnya.

BACA JUGA: Jagung Rebus Jadi Makanan Pilihan Ibu Hamil dan Menyusui, Ini Manfaatnya

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali menambahkan, selama ini belum banyak orang tahu tentang SOIna. Padahal, alet SOIna juga sangat berkontribusi dalam mengharumkan nama bangsa.

”Mereka juga mengharumkan bangsa Indonesia di luar sana. Tadi Pak Ganjar juga cerita, bagaimana saat atlet SOIna berjuang di Dubai. Sangat mengharukan,” ungkapnya.

Menpora juga mengapresiasi Ganjar, yang didaulat sebagai Ketua Dewan Pembina SOIna. Menurutnya, Ganjar memberikan perhatian yang sangat luar biasa pada atlet-atlet SOIna.

”Kemarin saat Pesonas di Semarang juga luar biasa, di-support penuh. Semoga nanti saya diajak Pak Ganjar ke Berlin, untuk memberikan semangat pada atlet-atlet kita ini,” pungkasnya.

Riyan