blank
Jagung rebus. Foto: Dok/Haibunda.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Manfaat jagung untuk ibu hamil bisa meningkatkan penglihatan bayi yang belum lahir.

Dengan memakan jagung, terkandung beta-karoten yang menghasilkan vitamin A dalam tubuh. Jagung sangat baik untuk penglihatan dan kulit secara umum.

Bukan hanya untuk ibu hamil saja, namun jagung rebus bisa menjadi pilihan makanan yang baik untuk ibu menyusui. Selain rasanya yang manis dan enak, makanan sehat yang satu ini juga memiliki banyak nutrisi baik. Manfaat jagung rebus tidak hanya baik untuk kesehatan ibu, tetapi juga baik untuk mendukung perkembangan bayi.

Dilansir dari Halodoc.com (dr. Rizal Fadli), selama masa kehamilan dan menyusui, ibu dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan bergizi untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan ibu dan bayi.

Dan jagung rebus merupakan salah satu makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi, baik selama masa kehamilan maupun menyusui.

Tidak hanya mempunyai rasa yang manis dan tekstur yang renyah, jagung juga dikemas dengan karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral, yang semuanya itu baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Bila dimasak dengan cara direbus, ibu bisa mendapatkan nutrisi yang optimal dari jagung yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan ibu dan pertumbuhan bayi.

Apa manfaat jagung rebus untuk ibu hamil dan menyusui? Simak yuk..

Manfaat untuk ibu hamil,

1. Membantu mengatasi sembelit

Jagung rebus adalah sumber serat yang baik, sehingga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, yang mungkin ibu alami selama awal kehamilan.

2. Mengurangi risiko cacat lahir

Jagung mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kelainan pada bayi yang belum lahir, seperti Spina Bifida.

3. Meningkatkan daya ingat

Manfaat jagung rebus juga bisa meningkatkan daya ingat ibu selama masa kehamilan, sehingga ibu hamil bisa mengingat semua barang kebutuhan yang ingin dibeli tanpa perlu membuat daftar belanjaan. Makanan sehat yang satu ini juga bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak janin.

4. Menjaga kesehatan mata bayi

Jagung juga kaya akan antioksidan seperti lutein yang berperan dalam meningkatkan penglihatan bayi sebelum ia dilahirkan. Selain itu, kandungan zat karotenoid dalam jagung yang disebut zeaxanthin juga bisa membantu mencegah degenerasi makula mata.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat

Beta karoten dalam jagung menyediakan vitamin A yang dibutuhkan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, serta pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

Manfaat untuk ibu menyusui

1. Menaikkan berat badan secara alami

Jagung merupakan sumber karbohidrat, sehingga mengonsumsi jagung rebus selama masa menyusui bisa membantu meningkatkan berat badan bayi. Namun ingat, hindari mengonsumsinya secara berlebihan, karena bisa menyebabkan obesitas.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat jagung rebus baik untuk kesehatan ibu pada masa menyusui karena makanan tersebut mengandung vitamin C, karoten, dan bioflavonoid. Kandungan tersebut bisa mengatur kadar kolesterol dalam darah, serta mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh

3. Mendukung fungsi otot dan saraf bayi

Mengonsumsi jagung rebus selama menyusui juga bisa membantu memenuhi kebutuhan fosfor pada bayi yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulangnya, serta kalium dan magnesium yang diperlukan untuk fungsi otot dan saraf yang baik.

4. Sumber protein

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, manfaat jagung rebus baik untuk pembentukan jaringan otot bayi dan meningkatkan kinerja sel otaknya.

5. Mencegah penyakit alzheimer

Jagung juga memiliki kandungan thiamine yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif pada bayi dan juga bisa mencegah sang bayi dari penyakit alzheimer.

Ning Suparningsih