blank
Bersama para relawan, prajurit TNI dari Koramil-17 Sidoharjo Kodim 0728 Wonogiri, memprakarsai gerakan tanam penghijauan, sebagai upaya pelestarian alam.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersama para relawan, prajurit TNI Koramil-17 Sidoharjo Kodim 0728 Wonogiri, memprakarsai gerakan penghijauan sebagai upaya pelestarian alam. Itu diwujudkan melalui kebersamaan menanam bibit pohon di lahan yang telah ditentukan.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, gerakan tanam pohon penghijauan ini dilakukan di lahan terbuka yang berada di sekitar lapangan Kiran, Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Adapun bibit pohon yang ditamam adalah bibit tanaman produktif aneka jenis buah-buahan, seperti bibit pohon durian, pohon kelengkeng dan pohon petai. Juga ditanam bibit pohon sengon, sebagai upaya menghijaukan lahan kristis.

Kegiatan penghijauan tersebut diikuti oleh Anggota Koramil 17/Sidoharjo yang dipipimpin Peltu Kahana bersama Lurah Sidoharjo, Sri Jumadi dan Tim relawan TRC (Tim Reaksi Cepat) Resi Giri.

Potensi SDA

Peltu Kahana, menyatakan, penghijauan dengan penanaman bibit pohon tersebut, bertujuan untuk melestarikan alam dan lingkungannya. Juga dalam kiat menanggulangi dampak bencana alam, serta upaya menjaga potensi Sumber Daya Air (SDA).

Terkait dengan tujuan mulia tersebut, kepada warga masyarakat diminta untuk bersama-sama menjaga dan memelihara bibit-bibit pohon penghijauan yang ditanam. Agar kelak, juga dapat memberikan manfaat bagi generasi mendatang.

Dandim 0728 Wonogiri Lekol (inf) Deny Octavianto melalui Danramil Kapten (Cba) Oyon Subiyanto, mengatakan, kehadiran prajurit TNI dalam kegiatan tersebut, menjadi wujud dukungan nyata terhadap program penghijauan yang dicanangkan Pemerintah maupun institusi TNI AD.

Ditambahkan, melalui penghijauan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kelestarian dan keseimbangan alam. Dengan menanam pohon, lingkungan menjadi hijau, sejuk, segar dan asri. Bermanfaat untuk konservasi alam, serta menjaga kelestarian pontensi sumber daya air.

Bambang Pur