Ilustrasi sampah plastik. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Plastik merupakan salah satu wadah serbaguna yang kerapkali kita gunakan sehari-hari, khususnya ketika sedang berbelanja.

Sayangnya, penggunaan plastik ini dinilai tidak ramah lingkungan, lho. Belum lagi, sampah plastik memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk terurai, yakni kurang lebih sekitar 500 tahun agar terurai secara alami. Lama juga ya?

Dilansir dari Suara.com untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa menggunakan alternatif lain, yaitu dengan menggunakan plastik ramah lingkungan yang proses penguraiannya tidak memerlukan waktu lama. Misalnya menggunakan plastik yang terbuat dari bahan daur ulang hingga kompos.

Baca Juga: Lima Tips Jitu Belajar Coding Secara Otodidak Bagi Pemula

Nah, agar lingkungan kita semakin sehat, berikut ini ada beberapa jenis plastik ramah lingkungan yang bisa kamu kenakan saat belanja:

1. Plastik biodegradable

Jenis plastik ramah lingkungan yang pertama adalah plastik biodegradable. Bagi kamu yang belum mengetahui, ini merupakan jenis plastik yang mudah banget terurai.

Hal tersebut dikarenakan, plastik ramah lingkungan yang satu ini dibuat menggunakan bahan petrokimia tradisional, serta bahan tambahan lainnya, yang pastinya membuat sampahnya menjadi lebih cepat terurai.

Baca Juga: Perhatikan Warnanya, Lima Tips Memilih Kol yang Segar

Nah, bahan tambahan itulah yang dapat plastik biodegradable ini bisa terurai oleh sinar (photodegradable), dan juga oksigen (oxydegradable).

2. Bioplastik

Salah satu plastik ramah lingkungan lainnya yang terbuat dari bahan kimia alami ialah bioplastik. Plastik ini biasanya terbuat menggunakan bahan-bahan alami, misalnya seperti jamur ataupun jagung. Nah, hasil dari produksi plastik ini umumnya diberi nama polylactic acid (PLA).

Jenis plastik ini bisa terurai dalam hitungan minggu saja, lho. Sementara, plastik biasa umumnya akan terurai dalam waktu 500 tahun. Perbedaannya jauh banget, kan? Hebatnya lagi, sebuah studi menemukan, jika semua orang beralih dengan bioplastik, bisa mengurangi emisi rumah kaca hingga 25%, lho!

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Simak Empat Tips Mengobati Gigitan Tomcat

3. Plastik daur ulang

Jenis plastik ramah lingkungan terakhir ialah plastik daur ulang ulang, yang dari namanya saja kamu pasti sudah mengetahui jika produk yang satu ini dihasilkan dari proses daur ulang, yang mana dapat membantu mengurangi sampah plastik yang ada di luar sana. Sampah-sampah plastik di luar sana yang mengancam lingkungan hidup dapat digunakan kembali untuk membuat produk-produk yang mempunyai nilai ekonomis kembali.

Nah, itulah tadi beberapa jenis-jenis plastik ramah lingkungan yang bisa kamu temukan dengan cukup mudah saat ini dan semuanya kembali kepada kamu jenis plastik ramah lingkungan mana yang akan digunakan.

Claudia