blank
PKY Jateng saat menyambangi Sekretariat Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Provinsi Jateng. Foto: Dok/PKY

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Jateng melakukan koordinasi kelembagaan dengan Sekretariat Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Provinsi Jateng, di gedung pertemuan DPD RI Provinsi Jateng.

Dalam kesempatan itu Koordinator PKY Jateng, Muhammad Farhan didampingi PIC Pemantuan, Helmi Yan Harmianto, PIC Penerimaan Laporan Masyarakat, Siti ALifah, dan PIC Adminitrasi dan Sosialisasi Kelembagaan, Dewi Ratna Siti Mukharomah.

Sementara dari Sekretariat DPD RI Provinsi Jateng diwakili oleh Suroto bersama jajarannya.

Menurut Farhan, fungsi dan tugas KY adalah menegakkan peradilan bersih dan transparan. Begitupun tugas PKY di daerah.

”Komisi Yudisial merupakan lembaga Negara yang bersifat mandiri dan memiliki wewenang mengusulkan Hakim Agung dan menjaga menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim sesuai Pasal 24B UUD 1945,” tutur Farhan, Sabtu (21/1/2023).

“PKY melaksanakan tugas di daerah, untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam menyampaikan laporan tentang dugaan pelanggaran perilaku hakim, melakukan pemantuan persidangan, advokasi hakim, serta sosialisasi kelembagaan KY seperti yang kita lakukan ini,” terang Farhan

Sementara itu, PIC Penerimaan Laporan Masyarakat menambahkan, Jateng merupakan daerah 5 besar laporan dari masyarakat terkait dugaan Kode Etik Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

”Jawa Tengah ini masuk 5 besar laporan dari masyarakat yang masuk di kantor kami. Dengan terbatasnya Sumber Daya Manusia di PKY Jateng, maka perlu adanya sinergitas bersama beberapa Instansi pemerintah,” ujarnya.

“Kita berharap semua bisa bersama-sama mengawal peradilan yang ada di Jawa Tengah,” imbuh dia.

Sementara Suroto menyampaikan terima kasih atas kunjungan PKY Jateng di kantornya. Ia berharap ke depannya kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut.

”Dengan adanya forum koordinasi dan silaturahmi ini, diharapkan ke depan bisa terjalin sinergisitas yang baik antara PKY Jawa Tengah dengan Kantor Sekretariat DPD Provinsi Jawa Tengah,” tukasnya.

Ning Suparningsih