blank
Rapat evaluasi dan konsolidasi nasional Keimigrasian Kemenkum HAM di Jakarta. Foto : SB/Humas Kanim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI menyelenggarakan kegiatan Rapat Evaluasi dan Konsolidasi Nasional Keimigrasian Ditjen Imigrasi 2023 guna menyusun hasil analisa terhadap Isu strategis dan kebijakan di bidang Keimigrasian sebagai bahan masukan kepada pimpinan yang konkret dan implementatif di tahun 2023-2024 di Shangri La Hotel Jakarta.

Rapat Evaluasi dan Konsolidasi Nasional Keimigrasian yang bertemakan “Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju” ini turut dihadiri oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej dan Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim,

Juga hadir Kepala BPSDM Kemenkumham, Asep Kurnia, Analis Keimigrasian Ahli Utama, Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham RI, Atase Imigrasi Perwakilan Indonesia di luar negeri, Kepala Divisi Keimigrasian dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi se-Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo, Ari Widodo turut menghadiri kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 18 sampai 20 Januari 2023.

Empat Fungsi

blank
Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM, Silmy Karim. Foto : SB/Humas Kanim

Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej menyampaikan beberapa hal kepada seluruh peserta rapat yang hadir.

“Keimigrasian memiliki empat fungsi. Yakni fungsi pelayanan, penegakan hukum, keamanan dan fasilitator pembangunan sejalan dengan arahan Presiden. Selain itu, ada 2 hal penting yang harus di pedomi jajaran insan Imigrasi dalam melaksanakan tugas yaitu Integritas dan HAM,” ungkapnya.

Wamenkumham juga menyampaikan sejalan dengan arahan Presiden, kegiatan ini memiliki output agar digitalisasi dan strukturisasi Imigrasi dapat dilaksanakan secara cepat dan maksimal.

Selain itu, dirinya berpesan bahwa ada dua hal penting yang harus dipedomani jajaran insan imigrasi dalam pelaksanaan tugas yaitu Integritas dan Hak Asasi Manusia.

Pihalnya mengucapkan selamat bertugas kepada Silmy Karim yang diharapkan dapat membawa Kementerian Hukum dan HAM khususnya Direktorat Jenderal Imigrasi menjadi semakin maju

Muharno Zarka