blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat berharap, untuk segera mengejar sejumlah program imunisasi dasar terhadap anak, yang terkendala pandemi covid-19. Kondisi ini harus dilakukan, untuk menghindari merebaknya sejumlah penyakit yang menyasar anak-anak.

”Pesatnya peningkatan jumlah kasus campak di Indonesia, harus menjadi alarm bagi kita. Ini menunjukkan, sejumlah program imunisasi dasar wajib terhadap anak yang tertunda akibat pandemi, harus sesegera mungkin dituntaskan,” kata Lestari, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/1/2023).

Data dari Kementerian Kesehatan RI, sepanjang 2022 tercatat 3.341 kasus campak yang menyebar di 223 kabupaten/kota, di 31 provinsi. Jumlah itu meningkat 32 kali lipat, jika dibandingkan kasus campak pada 2021.

BACA JUGA: Mobil Angkutan Kota Nyungsep di Parit Penawangan Akibat Menghindari Tabrakan dengan Motor

Penyebab kenaikan kasus campak yang cukup signifikan itu, terkonfirmasi karena sudah dua tahun berturut-turut, Indonesia tidak bisa mencapai target untuk pelayanan imunisasi rutin campak, akibat covid-19.

Para pemangku kepentingan di pusat dan daerah, ujar Lestari, harus bergerak secara masif melakukan skrining kesehatan anak dan balita, untuk kemudian segera melengkapi sejumlah imunisasi dasar terhadap anak dan balita, yang sempat tertunda akibat pandemi covid-19.

”Ledakan kasus campak pada anak semoga tidak diikuti dengan lonjakan kasus penyakit lainnya, dampak dari belum lengkapnya imunisasi dasar yang diterima anak dan balita,” imbuh Rerie, sapaan akrab Lestari.

BACA JUGA: Turunkan Angka Kemiskinan dan Stunting, Pemprov Jateng Kerja Sama dengan UGM

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, juga mendorong sosialisasi dan edukasi masif terhadap masyarakat, terkait pentingnya pemberian imunisasi lengkap terhadap anak dan balita, untuk menghindari lonjakan sejumlah penyakit.

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu berpendapat, perlunya satu gerakan bersama, yang didukung seluruh elemen masyarakat serta para pemangku kepentingan di pusat dan daerah, agar kesadaran orang tua untuk melengkapi imunisasi dasar anaknya terus meningkat.

”Tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam berbagai upaya meningkatkan imunitas anak sejak dini, harus terus dilakukan. Ini untuk mewujudkan anak bangsa yang sehat dan menjadi generasi penerus yang mampu menghadapi berbagai tantangan,” tegas Rerie,

Riyan