blank
Sekda Joko Budiyono (kacamata tengah) menghadiri rapat persiapan pengukuhan Kontingan Porprov Kota Magelang 2023. (Dok Humas KONI Kota Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Sekda Joko Budiyono meminta target Kota Magelang meraih peringkat 10 Jateng pada Porprov 2023 harus bisa kita raih.

Pemkot Magelang juga mendukung semua kegiatan KONI mempersiapkan atlet menghadapi event olahraga terbesar di Jateng tersebut, yang rencananya dilaksanakan Agustus 2023.

Permintaan itu disampaikan Joko saat menghadiri rapat persiapan pembubaran Kontingen Pra Porprov Kota Magelang Tahun 2022, dan Pengukuhan Kontingen Porprov Kota Magelang Tahun 2023.

Acara itu akan berlangsung di GOR Samapta, Komplek Gelora Sanden, pada 25 Januari 2023. Pengukuhan kontingen yang berjumlah sekitar 200 orang terdiri atlet, manajer dan ofisial itu dilakukan Wali Kota Muchamad Nur Azis.

Rapat yang berlangsung di Cluster Shangrila Blok C1 Wates, Kamis malam (19/1) diikuti Ketum KONI Ali Sobri Sungkar, Ketua Harian KONI sekaligus Ketua Tim Sukses Porprov Kota Magelang Kholid Abidin, Wakil Ketua Dewan Penyantun KONI Sugiarto, Plt Kadisporapar Septi Milna Sulistiyani dan pengurus KONI lainnya.

‘’Perlu dipetakan mana (cabor) yang kita dorong dan kita suport. Jadi perlu dipersiapkan sebaik dan semaksimal mungkin,’’ ujar Joko yang juga menjabat Askot PSSI Kota Magelang.

Ditangannya tim sepak bola Kota Magelang lolos Pra Porprov Jateng. Pada Porprov 2013 dan 2018, Kota Magelang gagal lolos. Tercatat untuk Porprov 2023 tujuh daerah yang berhak mengirim cabor sepak bola.
‘’Tolong sepak bola dibawa sampai final.’’

Kepada Plt Kadisporapar, Sekda minta untuk mengawal semua persiapan pengukuhan Kontingen Porprov Kota Magelang. Selain itu, instansi itu juga diminta memantau persiapan kontingen.

Ketua Tim Sukses Kontingen Porprov Kota Magelang Kholid Abidin mengatakan, pada Pra Porprov yang berlangsung Juli – Oktober 2022 Kota Magelang mengikuti 37 cabor. Yang lolos berhak ikut Porprov 27 cabor

Hasilnya Kota Magelang meraih 18 medali emas, 22 perak dan 24 perunggu.

Kota Magelang pada Porprov Jateng 2018 berada di peringkat 16, dengan meraih medali emas 13, perak 16 dan medali perunggu 16 buah.

‘’Untuk meraih peringkat 10 besar Jateng pada Porprov 2023 minimal medali emas yang harus diraih sebanyak 20 buah,’’ ungkap Kholid Abidin.

Doddy Ardjono.