blank
ilustrasi air mineral. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Normalnya, seseorang wajib meminum air mineral sebanyak delapan gelas atau dua liter per harinya. Namun jumlah tersebut bukanlah jumlah pasti yang berlaku pada setiap orang.

Dilansir dari Suara.com, keperluan cairan orang-orang itu berbeda, tergantung dengan jenis aktivitas dan jumlah cairan yang dikeluarkan setiap hari. Ada yang cukup meski tak sampai dua liter sehari, ada juga yang butuh sampai tiga liter atau lebih.

Menurut healtcareassociates.com, ini lima kondisi tubuh yang menjadi tanda kalau kamu kekurangan cairan alias asupan air putih.

Baca Juga: Empat Manfaat Daun Salam yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

1. Bau Mulut Terus-menerus

Mulut kita dibasahi oleh saliva alias air ludah setiap saat. Ketika kita kurang meminum air, proses produksi saliva akan terhambat. Fungsi air putih untuk membersihkan bakteri pada gigi dan gusi pun tak berlaku. Kemudian mulut pun akan menguarkan bau yang tak sedap.

2. Kelelahan

Air mengandung zat oksigen di dalamnya. Ketika kita melakukan begitu banyak aktivitas, baik aktivitas fisik maupun yang mengandalkan pikiran, baiknya kita tak kekurangan cairan agar kebutuhan oksigen bisa lebih terpenuhi dan kita jadi lebih berenergi.

3. Sering Sakit

Racun, limbah, dan bakteri yang ada pada tubuh kita bisa larut dengan bantuan air yang mengalirinya. Sistem kekebalan tubuh juga akan menjadi lebih kuat dengan asupan air yang cukup. Maka ketika tubuh kita kekurangan cairan, sistem tubuh kita akan melemah, bakteri dan zat lain yang biasanya terbuang oleh air pun mengendap dalam tubuh. Tidak ada yang membantu melawan penyakit dan menjadikan kita tetap kuat.

Baca Juga:Baik untuk Kesehatan, Tiga Manfaat Jintan Putih Jarang Jarang Diketahui

4. Sembelit

Bagi proses pencernaan, tentu air berperan sangat penting. Air dapat menjaga feses tetap lembut sehingga lebih mudah untuk berpindah-pindah melalui saluran pencernaan. Perut buncit pun akan lebih terhindari.

5. Kesehatan Kulit yang Buruk

Kulitmu terasa kering dan terlihat lebih kusam dari biasanya? Itu mungkin pertanda kamu kekurangan asupan air. Air membantu mengencangkan sel-sel kulit dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Maka seseorang yang cukup mengonsumsi air seharusnya memiliki kulit yang lebih sehat.

Itu dia lima keadaan tubuh yang kekurangan air. Pastikan kamu selalu terhiderasi, ya!

Claudia