blank
Ilustrasi mengihias rumah untuk menyambut imlek. Foto: : Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Untuk menyambut pergantian tahun ini, tentu masyarakat etnis Tionghoa akan merayakannya dengan sukacita. Beberapa pasti sudah ada yang melakukan persiapan seperti menyiapkan hidangan, bersih-bersih rumah, dan memasang hiasan khas Imlek.

Seperti yang kita tahu, Imlek tak hanya identik dengan acara-acaranya yang meriah, tetapi juga dengan hiasan khas Tahun Baru China. Di beberapa kota dan daerah di Indonesia, khususnya daerah yang banyak ditinggali etnis Tionghoa, jalanan kotanya dihias untuk menyambut Tahun Baru China.

Dilansir dari Suara.com biar nggak ketinggalan, kamu juga jangan lupa pasang hiasan di rumah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi hiasan rumah untuk menyambut Imlek.

Baca Juga: Tujuh Kue Khas Imlek Dengan Makna dan Nilai Filosofinya

1. Lampion

Nah, pasti yang satu ini tak pernah ketinggalan saat ada perayaan Imlek. Lampion berbentuk bulat dengan warna merah menyala ini ada di mana-mana saat menyambut perayaan tahun baru China.

Ternyata lampion juga punya arti tersendiri lho, konon dulu benda ini dibuat untuk mengusir makhluk jahat bernama Nian. Pancaran warna merah tersebut juga menggambarkan kebahagiaan dan harapan baik untuk tahun berikutnya.

2. Amplop

Amplop berwarna merah yang biasanya dijadikan angpao ini juga dijadikan hiasan saat Imlek lho, biasanya digantung-gantungkan di Pohon Mei Hua bersama hiasan lainnya. Benda ini menggambarkan kekayaan dan keberuntungan.

Baca Juga: Sambut Imlek, Klenteng Tek Hay Kiong Buka Pintu dan Pasang Bendera

3. Pohon Mei Hua

Kalau kamu pernah melihat hiasan Imlek berupa pohon dengan bunga berwarna pink, itu bukan pohon sakura ya. Namanya Pohon Mei Hua, hiasan ini hampir selalu ada di rumah orang Tionghoa dan selalu dihias saat tahun baru China datang. Pohon Mei Hua adalah simbol keberuntungan dan kesejahteraan.

4. Petasan

Pernah melihat petasan berwarna yang digantung di depan rumah saat hari Imlek? Nah, itu juga adalah salah satu pernak-pernik Imlek yang tidak boleh ketinggalan untuk dipasang. Sama seperti lampion, konon petasan ini juga berfungsi untuk mengusir Nian.

5. Ucapan Selamat Tahun Baru

Saat perayaan Imlek, biasanya terdapat tulisan huruf mandarin yang ditulis pada kain atau kertas berwarna merah dengan tinta berwarna hitam di dekat pintu.

Itulah 5 hiasan rumah yang bisa kamu pasang dirumah saat perayaan Imlek nanti, yuk buat suasana rumahmu jadi meriah!

Claudia