blank
Ilustrasi kotak P3K. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apa itu P3K? Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan P3K. P3K adalah kotak berisi obat-obatan yang penting untuk disediakan baik di rumah, kantor, maupun di mobil.

Kotak P3K yang isinya lengkap bisa membantu kamu mengatasi cedera umum dan memberi perawatan pertama pada kondisi darurat secara efektif.

Namun banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan isi kotak P3K mereka, sehingga obat-obatan yang ada di dalamnya hanya seadanya, bahkan sudah habis.

Dikutip dari Halodoc.com, ini obat-obatan yang harus ada di dalam kotak P3K:

1. Obat pereda nyeri atau penurun demam
Obat pereda nyeri dan penurun demam adalah obat paling dasar yang perlu kamu sediakan di dalam kotak P3K. Obat-obatan ini bisa mengatasi banyak sakit ringan, nyeri, dan penyakit. Contoh obat pereda nyeri yang bisa kamu sediakan, antara lain acetaminophen, aspirin dan ibuprofen. Obat-obatan tersebut juga bisa membantu menurunkan demam.

2. Obat alergi
Alergi juga merupakan kondisi kesehatan umum yang bisa muncul tanpa diduga dan sangat mengganggu. Jadi, sangat penting untuk menyediakan obat alergi dalam kotak P3K kamu. Diphenhydramine, loratadine, epinephrine adalah beberapa contoh obat antihistamin yang bisa mengatasi alergi.

3. Obat anti diare
Diare juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa muncul tanpa peringatan. Penyebabnya banyak, mulai dari keracunan makanan, intoleransi makanan, sampai infeksi virus.

Harus bolak-balik toilet tentu bisa membuat kamu tersiksa dan juga mengganggu aktivitas. Karena itu, obat anti-diare seperti loperamide, bismut subsalisilat, dan diphenoxylate wajib ada di kotak P3K kamu.

4. Obat sakit perut
Makan makanan berlemak, berminyak, atau pedas bisa membuat kamu mengalami gangguan pencernaan. Begitu juga dengan makan terlalu banyak atau terlalu cepat. Itulah mengapa menyediakan obat sakit perut, seperti antasida, di kotak P3K penting.

5. Krim kulit hidrokortison
Obat lainnya yang perlu ada di kotak P3K kamu adalah krim kulit hidrokortison. Krim ini berguna untuk meredakan rasa gatal bila kamu digigit serangga.

6. Obat batuk
Batuk yang tidak kunjung berhenti di malam hari, tidak hanya bisa mengganggumu, tapi juga seisi rumah. Jadi, menyediakan obat pereda batuk seperti dekstrometorfan di dalam kotak P3K, bisa menjadi penyelamat. Namun, bila jenis batuk yang kamu alami adalah batuk berdahak, ekspektoran seperti guaifenesin merupakan obat yang paling efektif untuk meredakannya.

7. Gel lidah buaya
Bahan alami yang satu ini bisa menjadi penyelamat bila kamu mengalami luka bakar ringan. Namun, bila warna kulit menghitam, atau kamu tidak bisa merasakan luka bakar, jangan mengoleskan apa pun dan segera temui dokter.

Selain obat-obatan di atas, kamu juga perlu melengkapi kotak P3K kamu dengan beberapa perlengkapan dasar seperti plester, perban steril dan kain kasa gulung dalam berbagai ukuran, pita perekat, bola kapas, peniti, gunting kecil dan pinset.

Selanjutnya salep antibiotik, cairan pencuci mata, pelindung mata, termometer, kompres dingin instan, sarung tangan steril sekali pakai, petroleum jelly, hand sanitizer, hidrogen peroksida untuk mendisinfeksi, tisu pembersih bebas alkohol, dan garam steril untuk pembilasan.

Itulah beberapa obat dan perlengkapan yang harus ada di dalam kotak P3K kamu. Namun, bila cedera atau gejala kesehatan yang kamu alami cukup parah atau memburuk seiring waktu, segera temui dokter.

 

Ning Suparningsih