blank
Polisi melakukan pengamanan di klenteng Muntilan, Sabtu malam (14/1/23). Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Polsek Muntilan, Polresta Magelang, melaksanakan pengamanan Sembahyang Bwee Ge di Klenteng Hok An Kiong, Muntilan, Sabtu (14/1/23). Pengamanan dilakukan oleh Kanit Propam Aiptu Muslich bersama dua anggota Polsek, sejak pukul 19.30 hingga 21.00 WIB.

Bwee Gee memiliki arti bulan akhir, akhir bulan, atau penghujung tahun. Bwee Gee jatuh pada setiap tanggal 16 bulan 12 tiap tahunnya. Hari Bwee Gee adalah hari di mana orang Tionghoa bersembahyang mengucap syukur dan membuat sembahyang tutup tahun.

Mereka mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan Hok Tek Ceng Sin sebagai Dewa Bumi yang memberikan rezeki. Di Hari Bwee Gee, juga merupakan hari untuk mengunci tahun, di mana segala kesalahan yang diperbuat, untuk tidak diulangi di tahun berikutnya.

Dengan diikuti 12 jemaat sembahyang Bwee Gee dipimpin oleh Budiyono Raharjo dilaksanakan di Klenteng Hok An Kiong, Muntilan. Sembahyang di klenteng itu juga merupakan rangkaian kegiatan menjelang tahun baru Imlek yang akan dirayakan pada 22 Januari 2023 oleh masyarakat Tionghoa.

“Imlek merupakan perayaan terpenting bagi orang Tionghoa. Perayaan Tahun Baru Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama pada penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh atau Festival Lentera pada tanggal ke-15. “Juga bisa diartikan sebagai malam pergantian tahun,” terang salah seorang jemaat Klenteng Hok An Kiong Muntilan.

Mewakili Kapolsek Muntilan AKP Abdul Muthohir, Kanit Propam Aiptu Muslich mengatakan, pihaknya melaksanakan pengamanan bersama anggota Satlantas Polresta Magelang.

“Kami melakukan pengamanan dengan tujuan agar kegiatan keagamaan ini dapat berjalan aman, lancar, serta situasi Kamtibmas tetap terjaga dan kondusif,” ujar Aiptu Muslich.

Hingga kegiatan sembahyang Bwee Gee berakhir, situasi aman terkendali dan tampak jemaat merasa nyaman selama beribadah di Klenteng Hok An Kiong tersebut.

Eko Priyono