blank
Permainan lato-lato. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Baru-baru ini permainan anak lato-lato tengah viral di berbagai media sosial.

Lato-lato merupakan salah satu permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh seluruh kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Dilansir dari Suara.com, ini fakta, asal-usul, manfaat dan cara bermain lato-lato.

Fakta lato-lato

1. Permainan tradisional

Lato-lato merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang bisa ditemukan di indonesia. Lato-lato ini sangat ikonik sejak jaman 1990an, terutama bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pedesaan.

2. Berasal dari bahasa Bugis

Asal kata lato-lato merupakan sebutan permainan tradisional yang berasal dari bahasa Bugis. Di daerah Makassar sendiri disebut dengan katto-katto dan, sementara di Pulau Jawa disebut dengan etek-tek.

3. Bukan permainan asli Indonesia

Meskipun banyak ditemukan di Indonesia sejak zaman dahulu. Namun, ternyata permainan ini muncul pertama kali pada 1960-an lalu mulai populer tahun 1970-an di Amerika. Di Amerika sendiri lato-lato disebut dengan nama clankers.

Permainan yang satu ini nyatanya tidak bertahan lama akibat memakan korban jiwa. Kemudian pada tahun 1970-an di Amerika Serikat, permainan ini sempat dilarang oleh penjabat sekolah setempat.

4. Material lato-lato dari kaca

Pada awal kemunculannya, material lato-lato menggunakan kaca dan cara memainkannya yang dianggap sangat berbahaya. Tak jarang pengguna permainan ini membanting clackers dengan keras hingga pecahannnya membuat bertebaran dan mengenai tubuh seseorang.

Seiring berjalannya waktu, material lato-lato mulai menggunakan plastik atau kayu. Sehingga saat dimainkan menjadi semakin ringan dan lebih aman dari pada lato-lato dari kaca.

5. Harga lato-lato variatif

Harga lato-lato sendiri berbeda sesuai dengan tempat ataupun daerah masing-masing. Permainan ini mudah di dapat seperti di toko kelontong, media sosial, supermarket maupun toko online lainnya. Harga lato-lato cukup terjangkau yaitu berkisaran ribuan hingga belasan ribu rupiah mulai dari Rp.8.000 – Rp12.000.

Bagaimana cara bermain lato-lato ?

Cara bermain lato-lato tidaklah sulit, bahkan semua kalangan bisa memainkan jenis permainan ini. Adapun hal yang perlu diperhatikan saat memainkannya adalah dengan menggoyangkan dan menyeimbangkan dua bola lato-lato agar saling berbenturan.

Jika melihat orang lain melakukan permainan ini terlihat mudah. Sebenarnya permainan lato-lato cukup sulit dimainkan. Berikut ini cara mudah bermain lato-lato yang bisa dilakukan:

1. Pastikan kedua bola lato-lato tepat dengan posisi sama dan juga seimbang

2. Jepit bagian tengah tali lato-lato di antara jari tangan

3. Selanjutnya kamu hanya perlu menggoyangkan tangan terus hingga lato-lato saling beradu dan menimbulkan bunyi seperti tek-tek-tek

Kunci yang paling penting dalam memainkan lato-lato ini yaitu tetap dengan menjaga keseimbangan bola dan fokus pada permainan ini.

Manfaat permainan lato-lato

Meskipun permainan lato-lato terlihat mudah untuk dimainkan, namun permainan ini juga memiliki banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, yakni menambah kepercayaan diri, melatih kemampuan dasar motorik, melatih ketenangan pikiran, melatih kesabaran, dan melatih keseimbangan tubuh

Itu tadi tadi penjelasan terkait fakta, asal-usul, cara bermainnya hingga manfaat lato-lato. Apakah kamu tertarik untuk memainkan lato-lato?

Ning Suparningsih