Manajer Operasional Roemah Martha Tilaar Gombong Alona Ong memandu pengunjung di Kelenteng Hok Tek Bio Gombong, baru-baru ini.(Foto:SB/Humas RMT)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Tahun baru Imlek atau lunar new year akan diperingati pada 22 Januari 2023. Imlek merupakan acara tradisi bagi masyarakat Tionghoa.

Imlek tahun 2023 akan menjadi tahun bagi shio kelinci dengan elemen air. Seperti tahun-tahun sebelumnya, di 2023 ini Roemah Martha Tilaar (RMT) Gombong, Kebumen, siap kembali menggelar acara perkenalan budaya bertajuk ‘mini tour imlek’.

Alona Ong, manajer operasional Roemah Martha Tiilar menjelaskan, Tur Imlek merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Roemah Martha Tilaar yang dikenal sebagai rumah budaya dan rumah berkegiatan bagi komunitas lokal.

Tujuan Tur Imlek untuk memperkenalkan tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut tahun baru. Proses perkenalan budaya ini dimulai dari pengenalan alat dan barang yang dipakai dalam sembahyang. Dari setiap hidangan yang disajikan, serta tata cara sembahyang imlek. Peserta pun akan diajak dalam sesi diskusi terkait acara sembahyang yang baru saja disaksikan.

Pada sesi ini peserta dapat menanyakan berbagai hal terkait dengan Imlek kepada para narasumber. Tak hanya itu, para peserta juga akan diajak berjalan-jalan ke kelenteng Hok Tek Bio Gombong agar mengenal lebih dekat seluk-beluk tempat ibadah bagi masyarakat Tionghoa. Kelenteng Hok Tek Bio dapat ditempuh dengan berjalan kaki dan tidak jauh dari Roemah Martha Tilaar.

Tak hanya seputar sembahyang, peserta juga akan diperkenalkan pada ornamen-ornamen yang menjadi ciri khas Imlek yang biasanya berwarna merah terang, dipadukan dengan warna emas. Seperti lampion yang biasa dipasang di rumah-rumah atau kelenteng.

Tentu hal tersebut bukan tanpa alasan dipilihnya warna merah dan dipasangnya beberapa ornamen yang membuat setiap perayaan Imlek selalu meriah. Selain ornamen, ada pula barongsai dan liong yang sering dipentaskan saat Imlek. Tentu hal tersebut mengundang penasaran ada cerita apakah di balik pementasan barongsai dan liong saat imlek.

Semua rasa penasaran akan terjawab dalam mini tur imlek di Roemah Martha Tilaar yang akan dilaksanakan pada 21 Januari 2023 Pukul 13.00 Wib hingga selesai. Mini tur ini terbuka untuk umum bagi masyarakat yang ingin mengenal budaya Tionghoa lebih dekat dan tidak terbatas bagi usia tertentu.

Anak-anak, remaja, bahkan orang tua dapat ikut serta dalam tur tersebut. Dengan kontribusi Rp 30.000,- selain mendapatkan pengetahuan dan kegiatan positif, setiap peserta juga bisa mencicipi salah satu hidangan sehat khas Imlek yang telah disediakan.

Informasi selengkapnya dan pendaftaran peserta dapat menghubungi nomor +6289-6196-28228 atau datang langsung ke Roemah Martha Tilaar yang di Jalan Sempor Lama Nomor 28 Gombong, Kebumen.

Komper Wardopo