blank
Peserta pelatihan fasilitator lingkungan ramah anak

JEPARA (SUARABARU.ID) – Karena tingginya kasus kekerasan anak, serta pemasalahan pengasuhan anak di Jepara,   maka perlu dilakukan peningkatan kapasitas dan edukasi tentang pengasuhan positif bagi seluruh pengasuh  dan orang tua dan penguatan layanan di Desa/ Kelurahan agar masyarakat memahami alur untuk  mencegah dan menangani kasus kasus anak yang terjadi.

Oleh karena itu Yayasan Setara kerjasama dengan Dinas Perlindungan Perempuan dan  Anak Provinsi Jawa Tengah melalui program SAFE4C di dukung UNICEF Indonesia melatih 50 orang fasilitator di 5 desa di Jepara yaitu Desa Kedungcino, Suwawal, Petekeyan, Tanjung dan Sukodono. Disamping itu ada 5 peserta perwakilan PKK, PPPA dan Disospermades.

Pelatihan yang berlangsung di aula DP3AP2KB Kabupaten Jepara tanggal 11-12 Janurai   ini menghadirkan narasumber dari PPPA Muji Susanto, SE , MH dan dari Bapermades Kabupaten Jepara. Para peserta  dipersiapkan menjadi pelatih Fasilitator Desa  tentang pengasuhan positif dan membangun mekanisme layanan perlindungan anak di Desa/  masyarakat dalam upaya membangun lingkungan yang Aman dan Ramah Anak.

Kegiatan ini bertujuan untuk  memberikan informasi kepada peserta secara detail terkait program SAFE4C 2022-2023, melakukan sharing pengalaman dan tantangan tentang pengasuhan selama melakukan  pendampingan pada orang tua/pengasuh,  menguatkan kapasitas fasilitator tentang pengasuhan positif dan mekanisme layanan  berbasis masyarakat.

Disamping itu juga bertujuan untuk  menyusun strategi dan rekomendasi bersama tentang kegiatan pengasuhan dan  mekanisme layanan berbasis masyarakat,  mendorong terwujudnya system perlindungan anak di masyarakat dengan menjamin  terpenuhinya hak hak anak serta mewujudkan kesejahteraan anak di 95 Desa/ Kelurahan  di Provinsi Jawa Tengah

Hadepe