blank
Tiga dewan juri Sri Busono, Joko Sunarto dan Herry Nuryanto, disaksikan Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bambang Rahardjo Munadjat, saat menilai karya desain lomba logo dan maskot Porprov Jateng 2023. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tiga orang juri yang mewakili KONI Jateng, akhirnya memutuskan enam karya disain dari peserta, masuk menjadi nominasi, untuk dinobatkan sebagai pemenang lomba, sekaligus sebagai logo dan maskot resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 mendatang.

Hasil itu diputuskan, setelah dilakukan penilaian karya peserta di Kantor KONI Jateng, Kompleks GOR Jatidiri Semarang, Jumat (6/1/2023).

”Tugas panitia menjaring peserta lomba, menginventarisasi karya, dan kemudian melakukan penjurian. Hasil penjurian, masing-masing enam maskot dan logo akan dikonsultasi dengan Gubernur Jateng, sekaligus penentuan pemenang,” kata Ketua Panitia Lomba Desain Logo dan Maskot Porprov 2023, Darjo Soyat, dalam keterangannya di sela penilaian.

BACA JUGA: Kekuasaan Dalam Perspektif Syariat Islam

Dalam lomba itu, tiga juri itu yakni, Sri Busono (unsur budayawan), Joko Sunarto (pakar desain grafis) dan Harry Nuryanto (unsur masyarakat). Penjurian juga disaksikan Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bambang Rahardjo Munadjat, Ketua Panitia Darjo Soyat, Wakil Ketua Heny Setyawati, Sekretaris Panitia Achmad Ris Ediyanto, Humas M Fatchurrahman Bagus, juga panitia pengarah Amir Machmud dan Sudarsono.

Disampaikan Darjo, dalam waktu satu bulan, sejak 1 Desember 2022 hingga ditutup 2 Januari 2023, terdapat 192 karya disain yang masuk ke panitia. Dari jumlah itu, setelah diverifikasi terdapat karya yang dikirim lebih dari sekali oleh peserta, juga tidak terdapat penjelasan tentang filosofi.

”Setelah diverifikasi didapatkan 126 logo dan 41 maskot yang layak untuk dinilai dewan juri. Sedang 16 lainnya tak lolos verifikasi,” ungkapnya.

BACA JUGA: Bapena PPNI Bantu Warga Terdampak Banjir Dorang

Dari sejumlah karya peserta itu, akhirnya didapat enam logo dan enam maskot yang masuk nominasi. ”Mengenai pengumuman pemenang, sesuai jadwal adalah Senin (23/1/2023). Namun jika Gubernur menghendaki, bisa maju atau mundur,” imbuhnya.

Pemenang pertama lomba logo dan maskot ini, akan mendapat hadiah Rp 10 juta. Untuk Juara II Rp 7,5 juta dan Juara III Rp 5 juta.

Riyan