“Kami minta lelang-lelang proyek yang bisa dilaksanakan lebih awal, segera dilakukan. Pembangunan harus dilakukan lebih awal, utamanya pembangunan perawatan jalan raya. Jangan sampai jendol di akhir tahun. Tinggalkan kebiasaannya lama..!!!  Apalagi lebaran semakin maju. April nanti sudah lebaran,’’ tegas Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, di sela-sela  penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD 2023 kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).  Jumat, 6 Januari 2023.

Bupati H. Arief minta  DPUPR segera melaksanakan tender. Kerusakan yang ringan agar bisa segera diperbaiki dengan anggaran perawatan. Dikatakan, saat ini harapan masyarakat untuk kelanjutan pembangunan terus disampaikan melalui berbagai media.

Untuk itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, yang akrab dipanggil Mas Arief itu meminta OPD untuk responsif memberikan tanggapan, dan menjelaskan tahapan pembangunan yang sedang disusun pemerintah.

Jalan Segera Dibangun

Cukup menggembirakan, di penyerahan DPA tersebut juga dilakukan penandatanganan kontrak sebagai tanda dimulainya pembangunan 2023. Salah satunya penandatanganan kontrak proyek pembangunan jalan Kabupaten ruas Kunduran – Todanan yang akan segera dilaksanakan pada bulan Januari ini.

“Alhamdulillah sudah ada proyek pembangunan jalan yang bisa kita mulai awal. Salah satunya ini ruas Kunduran – Todanan. Kondisinya masih ada kerusakan panjang, sehingga kita berharap sebelum lebaran nanti sudah selesai karena Januari ini akan segera dimulai pembangunannya. Kita berharap proyek lainnya juga terus mengikuti,” imbuh Bupati H.  Arief.

Kepada seluruh Perangkat Daerah, Bupati berterimakasih atas pelaksanaan pembangunan 2022. Pihaknya meminta agar seluruh OPD bisa lebih kompak lagi untuk peningkatan kualitas pembangunan di 2023 yang akan segera dimulai.

Selain menyerahkan DPA, Bupati juga menerima hibah bangunan eks-Kampus Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV (Akper) yang menempati tanah Pemkab Blora di depan GOR Mustika. Lahan dan gedung ini menurut Bupati akan digunakan untuk perluasan dan peningkatan pelayanan RSUD dr. R. Soetijono Blora.

Bupati H. Arief juga menyerahkan piagam untuk Pemkab Bojonegoro, dan mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Bojonegoro, atas bantuan keuangan 2022 sebesar 34 miliar yang telah selesai digunakan untuk membangun 4 ruas jalan kabupaten penghubung Bojonegoro bagian barat menuju Bandara Ngloram. Salah satunya jalan di Desa Panolan ini.

“Terima kasih, maturnuwun sanget untuk Ibu Bupati Bojonegoro dan DPRD Bojonegoro yang tahun 2022 kemarin telah memberikan bankeu untuk mendukung pembangunan jalan di Kabupaten Blora. Manfaat nya sudah dirasakan masyarakat. Semoga sinergi Blora dan Bojonegoro ini bisa terus ditingkatkan untuk membangun kemajuan kawasan Cepu Raya,” kata  Bupati Arif Rohman.

Dirinya juga menyampaikan bahwa 2023 ini nanti tahapan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendung Gerak Karangnongko di perbatasan Mendenrejo Blora dengan Ngelo Bojonegoro juga akan dimulai.

“Manfaatnya juga untuk Bojonegoro dan Blora. Meskipun nantinya secara hitungan irigasi lebih banyak di Bojonegoro. Namun kita sudah ikut dibantu Bojonegoro untuk membangun jalan. Sinergi kebersamaan ini yang terus akan kita dorong,” ungkap Bupati H. Arief.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, DR. Hj. Anna Muawanah, yang hadir diwakili Kepala BPKAD Bojonegoro, Luluk Alifah, SE., MM., menyampaikan apresiasinya untuk Pemkab Blora yang terus bersinergi dengan baik dengan Bojonegoro dalam rangka membangun kawasan bersama.

“Terima kasih atas kerja samanya yang baik. Semoga Bojonegoro dan Blora bisa terus bersinergi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Luluk Alifah singkat.

Hadir juga Ketua DPRD Blora, Kapolres Blora, Forkopimcam Kedungtuban, para Kades se-Kecamatan Kedungtuban, dan tokoh masyarakat sekitar.

Kudnadi Saputro