blank
Pedagang sayur Pasar Bitingan. Foto:dok

KUDUS (SUARABARU.ID) – Bupati Kudus HM Hartopo menyatakan akan merelokasi pedagang sayur di kawasan Pasar Bitingan. Hal ini dilakukan sebagai upaya penataan kota.

“Akan kami relokasi dan targetnya akhir bulan ini harus sudah selesai,”kata Bupati Kudus HM Hartopo saat ditemui di sela-sela penyerahan bantuan pangan korban banjir di Balai Desa Kesambi, Mejobo, Jumat (6/1).

Hartopo menyebutkan, relokasi pedagang sayur Pasar Bitingan merupakan program yang sudah lama direncanakan Pemkab Kudus.

Keberadaan pedagang sayur tersebut setiap harinya memadati hampir ruas jalan sekitar Hypermart hingga jalan depan Pasar Bitingan.

Meski beroperasi saat malam hingga pagi hari, namun keberadaan pedagang sayur tersebut dinilai membuat kumuh dan mengganggu tata kota.

“Saya sering ngprak-ngoprak mereka, tapi selalu kembali lagi,”ujarnya.

Hartopo mengatakan, rata-rata pedagang sayur yang berjualan tersebut berasal dari luar kota. Hanya saja, keberadaan mereka seringkali membuat macet jalan sekitar lokasi.

“Banyak truk yang parkir seenaknya, belum lagi pedagang yang membuat tenda sembarangan,”katanya.

Oleh karena itu, langkah relokasi akan segera dilaksanakan. Hartopo mengaku sudah memerintahkan OPD terkait untuk segera menjalankan kebijakan tersebut.

Menurut Hartopo, untuk tahap awal Pemkab akan mencarikan tempat relokasi. Beberapa tempat sudah menjadi alternatif diantaranya eks gedung Ngasirah hingga Pasar Ternak Gulang.

“Kita carikan dulu tempat relokasi, baru nanti disosialisasikan ke pedagang,”ungkapnya.

Menurut Hartopo, relokasi ini juga sejalan dengan rencana pemanfaatan lahan eks gedung Matahari. Selain mengharapkan ada investor yang berminat, lahan eks Matahari juga bisa dimanfaatkan untuk perluasan jalan atau perluasan lahan parkir RSUD dr Loekmono Hadi.

Ali Bustomi