blank
Pipas pecahkan rekor dunia dan Muri SKJ Serentak. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menjelang HUT ke-19, tepatnya 24 Januari 2023 mendatang, Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (Pipas) menggelar sejumlah kegiatan, salah satunya olahraga bersama Senam Kesegaran Jasmani (SKJ).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di seluruh jajaran Pipas se-Indonesia yang berlangsung serentak secara virtual yang terpusat di Balai Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah.

Olahraga bersama SKJ mengusung tema “Pipas Sehat, Perempuan Berdaya untuk Pemasyarakatan maju” dihadiri langsung oleh Penasihat Utama Pipas, Anna Reynhard didampingi Koordinator senam serentak SKJ, Umi Pujo, Penasihat Pipas Jawa Tengah, Restu Yuspahruddin dan Ketua Pipas Jawa Tengah, Rita Supriyanto.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Supriyanto mengucapkan selamat atas rekor dunia dan Muri yang telah dipecahkan oleh Pipas.

Kegiatan olahraga bersama SKJ serentak ini berhasil memecahkan rekor Muri bahkan rekor dunia, yakni SKJ secara serentak oleh perempuan terbanyak dari satu lembaga.

Kegiatan spektakuler ini diikuti oleh 7.842 peserta yang terdiri dari angggota Pipas yang tersebar pada di 458 titik lokasi.

Pada kesempatan tersebut, Penasihat Utama Pipas, Anna Reynhard menjelaskan tentang selayang pandang organisasi Pipas.

“Pipas merupakan organisasi pemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri petugas pemasyarakatan dan petugas pemasyarakatan perempuan dengan menyelenggarakan kegiatan dibidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya.” ujar Anna Reynhard, Jumat (6/1/2023).

“Dalam rangka mengoptimalkan peran dan memberdayakan anggota dalam mendukung kinerja Pipas, dibutuhkan kondisi kesehatan yang baik. Untuk itu kami mengusung olahraga bersama, yakni SKJ secara serentak Ibu-Ibu pemasyarakatan,” sambungnya.

“Pelaksanaan SKJ ini terasa spesial karena anggota yang mengikuti olahraga bersama SKJ secara serentak mengenakan aksesoris adat daerah sebagai bentuk kecintaan dan dukungan kita terhadap pelestarian budaya bangsa Indonesia,” terangnya.

“Saya ingin kegiatan ini menjadi momentum istimewa yang dapat menorehkan sejarah bagi Pipas, dengan memecahkan Rekor MURI dengan kategori yakni SKJ secara serentak oleh perempuan terbanyak dari satu lembaga,” tukasnya.

Keegiatan SKJ ini digelar untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian anggota Pipas terhadap kesehatan jasmani, sehingga mampu beraktifitas dan berkontribusi bagi keluarga, masyarakat dan organisasi Pipas.

Ning Suparningsih